Latest Post

Akhir Mei 2014, Garuda Indonesia Segera Luncurkan Rute Jakarta - London

Sabtu, 14 Desember 2013 | 14.12.13

Direktur Utama Maskapai Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengungkapkan, di akhir Mei 2014, pihaknya akan segera meluncurkan penerbangan langsung Jakarta - London. Menurut Emir, Garuda Indonesia akan menjadi satu-satunya maskapai dari Indonesia yang menerbangi rute tersebut.

“Tahun depan kita juga akan launch direct flight ke London. Ini satu-satunya penerbangan dari Indonesia ke Inggris direct, biasanya transit dulu ke Singapura atau Dubai. Rencananya akhir Mei 2014,” kata Emirsyah di Dyandra Convention Center, Surabaya, seperti dilansir detik.com.

Sebagai tahap awal, lanjut Emir, frekuensi penerbangan lain ke London akan dilayani empat kali dalam seminggu dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER.
Pada kesempatan yang sama Emirsyah Satar meraih penghargaan “Akuntan of The Year 2013″ dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Penghargaan “Akuntan of The Year 2013″ diberikan langsung oleh Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia, Prof Mardiasmo.

Alumni FE UI ini dinilai memiliki profesionalisme, dedikasi, prestasi, dan inovasi sebagai business leader yang telah membuat profesi akuntan makin dikenal dan diakui. “Akuntan tidak hanya berkarier di lingkup keuangan saja. Ini membuktikan, profesi sebagai akuntan membantu kita lebih luas berkarier,” kata Emirsyah.

24 Ribu Seats Tambahan Disiapkan Garuda Indonesia untuk Tujuan Surabaya dan Denpasar

Sebanyak tambahan 24 ribu seats disiapkan PT Garuda Indonesia Tbk untuk penerbangan tujuan Denpasar dan Surabaya, jelang libur Natal dan Tahun Baru. Menurut Ari Suryanta, VP Area Region III (Jawa, Bali, Nusa Tenggara) Garuda Indonesia, penambahan kursi rencananya akan dilakukan untuk jadwal penerbangan pada 20 Desember hingga 5 Januari 2014.

“Tambahannya 23 ribu seats untuk seluruh rute tujuan Denpasar, dan 1.000 seats untuk tujuan Denpasar,” katanya usai mendampingi Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar yang menerima penghargaan Akutansi of The Year 2013, di Surabaya seperti dilansir Bisnis.com.

Mengenai permintaan kursi untuk kota-kota tujuan luar negeri pada saat libur Natal dan Tahun Baru, Ary menuturkan relatif tidak meningkat. Diperkirakan melambungnya nilai dolar mengakibatkan banyak orang yang membatalkan rencana liburan ke luar negeri.
“Kondisi politik di Thailand kemungkinan juga membawa pengaruh terhadap orang yang akan bepergian ke Bangkok,” ujar Ari.

Sementara, lanjutnya, untuk tujuan Singapura saat ini Garuda Indonesia juga mengoperasikan pesawat A330 yang dapat mengakomodasi lebih banyak penumpang, sehingga tidak perlu ada penambahan seats menjelang Natal dan Tahun Baru ini.

Sumber

Langgar Batas Tarif, Delapan Maskapai Ditegur

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan telah menetapkan batas tarif kelas ekonomi maskapai niaga berjadwal dalam negeri.  Menurut Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan, delapan maskapai berindikasi telah melanggar ketentuan batas tersebut.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memberi surat peringatan kepada delapan maskapai," kata Bambang saat dihubungi Tempo, Kamis, 12 Desember 2013. Maskapai-maskapai tersebut adalah PT Asi Pudjiastuti Aviation (Susi Air), PT Indonesia Air Transport, PT Citilink Indonesia, PT Transnusa Aviation Mandiri, PT Mandala Airlines, PT Garuda Indonesia, PT Kalstar Aviation, dan PT Indonesia AirAsia.

Temuan dihimpun lewat pengawasan di sejumlah bandara:

1. Bandara Ngurah Rai, Denpasar (30 Oktober-1 November 2013):
- Ditemukan pelanggaran aturan tarif oleh Garuda Indonesia pada rute Denpasar-Lombok dan Denpasar-Timika.
- Mandala Airlines dan Indonesia AirAsia menerapkan pungutan tambahan biaya di luar ketentuan.

2. Bandara Adisutjipto, Yogyakarta (16-18 September 2013):
- Mandala Airlines menerapkan pungutan tambahan biaya di luar ketentuan, berupa "service fee" yang terdiri atas biaya "booking" sebesar Rp 25 ribu dan biaya bagasi Rp 40 ribu per penumpang. Saat itu, biaya tersebut dibebankan kepada para penumpang, baik yang membawa bagasi maupun tidak, yang membeli tiket melalui reservasi online, pembayaran lewat ATM, serta ticketing counter.

3. Bandara Supadio, Pontianak (26-28 Juli):
- Indonesia Air Transport memberlakukan tarif melebihi ketentuan untuk rute Pontianak-Ketapang dan Pontianak-Sintang.
- Kalstar Aviation menerapkan tarif melebihi ketentuan pada rute Pontianak-Ketapang serta Pontianak-Putusibau.
- Indonesia Air Transport memberlakukan tambahan biaya berupa insurance fee sebesar Rp 10 ribu.

4. Bandara El Tari, Kupang (3-5 Juli 2013):
- Susi Air memberlakukan tarif melebihi ketentuan pada rute Kupang-Atambua, Kupang-Larantuka, Kupang-Lewoleba, serta Kupang-Sabu.
- Transnusa Aviation Mandiri menerapkan tarif melebihi ketentuan pada rute Kupang-Lewoleba.
- Transnusa Aviation Mandiri membebankan tambahan biaya di luar ketentuan yaitu biaya administrasi sebesar Rp 20 ribu.

5. Bandara Hanandjoeddin, Tanjung Pandan (3-5 Juni 2013):
- Citilink memberlakukan tarif melebihi ketentuan pada rute Tanjung Pandan-Jakarta.

6. Bandara Internasional Minangkabau (1-3 Mei 2013):
- Susi Air membebankan tarif melebihi ketentuan pada rute Padang-Muko-Muko.
- Indonesia Air Transport memberlakukan tambahan biaya di luar ketentuan, berupa insurance fee sebesar Rp 10 ribu, padahal seharusnya Rp 5 ribu.


Sumber

Buka Kembali Rute Banjarmasin - Surabaya

BANJARMASIN - Setelah sempat menutup rute Banjarmasin - Surabaya, kini Citilink kembali membuka rute gemuk tersebut mulai 13 Desember 2013. Pembukaan rute Banjarmasin-Surabaya ini ditandai dengan penggunaan pesawat baru Airbus 320 yang lebih lebar dan berkapasitas 180 penumpang.

Vice President Revenue Management Citilink, Agus Irianto, menjelaskan rute Banjarmasin-Surabaya sempat tidak beroperasi karena Citilink mempersiapkan alat transportasi yang lebih efisien dan lebih nyaman.


“Mulai 13 Desember 2013 rute Banjarmasin-Surabaya sudah kembali kami layani, tentunya dengan pesawat baru yang lebih banyak kapasitasnya, sehingga lebih hemat bahan bakar,” ucapnya pada kegiatan temu agent di Swiss Belhotel Borneo, Kamis kemarin.


Menurut Agus, kondisi penerbangan di Banjarmasin sangat bagus. Intensitas traffic terus meningkat dari tahun ke tahun, terutama untuk rute gemuk seperti Banjarmasin-Surabaya dan Banjarmasin-Jakarta. Untuk itulah dengan pesawat baru, Citilink optimis bisa melakukan penetrasi pasar yang lebih baik. “Untuk sementara ini, kami masih melakukan satu kali penerbangan untuk Banjarmasin-Jakarta dan satu kali untuk Banjarmasin-Surabaya. Di tahun 2014 kami akan tambah lagi rute penerbangannya, sehingga masyarakat bisa banyak pilihan,” tambahnya.


Mengenai tiket, Agus menjamin harga yang ditawarkan sangat kompetitif. Bahkan bisa bersaing dengan maskapai lainnya. Tak hanya itu dengan pesawat baru bagasi penumpang bisa lebih banyak. “Untuk bagasi kami sediakan 20 kilogram untuk satu penumpang. Ini tentunya akan membuat penumpang bisa lebih nyaman saat bepergian dengan Citilink,” yakinnya.(sya/at/dye)


Sumber

Tambah Flight Malang - Jakarta, Sriwijaya Air Tunggu Rekomendasi Lanud Abd.Saleh

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air dikabarkan masih menunggu rekomendasi dari Lanud Abdulrahman Saleh, Malang sebagai upaya untuk menambah jadwal penerbangan (flight) rute Malang-Jakarta-Malang.

Menurut, District Manager Sriwijaya Malang M. Yusrie Hansyah, pihaknya memang butuh jawaban tertulis dari Lanud Abd. Salah, kendati secara informal dirinya memperoleh informasi bahwa slot time 07.45 rute Malang-Jakarta bisa digunakan dan masih kosong.

“Lanud masih dinas ke luar kota, namun saya perkirakan sebelum 20 Desember sudah terbit rekomendasi tersebut,” kata Yusrie seperti dilansir Bisnis.com
Ditambahkan, tidak ada permasalahan berarti untuk perizinan dari Jakarta, lantaran pihaknya sudah memastikan meraih slot time dari Bandara Cengkareng pada pukul 05.45, demikian pula dari perizinan dari Kementerian Perhubungan. Diperkirakan, realisasi penambahan flight rute Malang-Jakarta dijadwalkan pada 20 Desember, bersamaan dengan dimulainya angkutan liburan Natal dan Tahun Baru.

Menurut dia, penambahan flight tersebut berdasarkan permintaan dari pelanggan, selain untuk mengantisipasi membeludaknya permintaan penerbangan rute Malang-Jakarta pada liburan Natal dan Tahun Baru. Rata-rata mereka menginginkan ada penerbangan pagi, melengkapi penerbangan pukul 08.40, 12.30, dan 14.40 dengan pertimbangan agar di Jakarta masih pagi dan bisa langsung mengikuti kegiatan hari itu juga.

Hal itu bisa terjadi karena pelanggan maskapai tersebut terutama dari kalangan instansi pemerintah dan perguruan tinggi dengan proporsi 60 persen dan sisanya pengusaha, wisatawan, maupun keluarga. Pertimbangan lain, karena load factor penerbangan rute Malang-Jakarta cukup bagus, yakni 90 persen dari seat yang tersedia sebanyak 147 seat per pesawat dengan tiga kali penerbangan.

Lion Air akan buka rute Batam - Sulawesi - Kalimantan

Minggu, 08 Desember 2013 | 8.12.13

Batam, Kepulauan Riau (ANTARA News - Maskapai penerbangan Lion Air berencana membuka rute penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Balikpapan, Kalimantan Timur, yang akan terhubung dengan beberapa wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi.

"Izin dari Kementerian Perhubungan sudah keluar. Namun untuk jadwal terbangnya belum dipastikan, meski pihak Lion mengatakan pada Desember ini," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Dwi D Wiwoho, di Batam, Sabtu.
Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan bandara yang dikelola BP Batam, bukan PT Angkasa Pura sebagaimana bandara-bandara lain.
Mulai Jumat (6/12) Lion Air resmi menjadikan bandara dengan landas pacu sepanjang 4,025 meter itu --terpanjang di Indonesia-- sebagai penghubung Indonesia bagian barat terutama Sumatera ke wilayah Indonesia tengah dan rimur.

Di Batam pula Lion Air menempatkan pusat perawatan dan pemeliharaan armada pesawat terbangnya, yang secara ekspansif keseluruhan akan terdiri dari 408 pesawat terbang (201 Boeing B-737-900 series dan 207 Airbus A-320 series plus beberapa tipe lain).
"Dari Balikpapan, nanti penerbangan akan dilanjutkan ke Banjarmasin, Berau, Tarakan, Manado, Palu, Makassar tanpa harus transit di Ssoekarno Hatta Jakarta," kata dia.

Wiwoho mengatakan, pembukaan rute tersebut bertujuan menyingkat waktu penerbangan berujung pada efisiensi-ekonomis, ketimbang jika harus singgah dulu ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
Jadi, untuk ke wilayah timur Indonesia, bisa langsung dari Batam. "Tujuan lain untuk mengurangi kepadatan dan kemungkinan penundaan penerbangan bila harus transit di Soekarno-Hatta yang sudah sangat padat," kata dia.

Sumber