Latest Post

Jelang Lebaran, Maskapai Ramai-ramai Siapkan Ekstra Flight

Sabtu, 05 Juli 2014 | 5.7.14

JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah, Citilink telah menyiapkan penambahan kursi jelang mudik lebaran. Tahun ini, Citilink akan melayani 156 frekuensi penerbangan harian dari Jakarta, Surabaya dan Batam.

"Untuk angkutan Lebaran, Citilink juga telah menyiapkan penerbangan tambahan untuk sejumlah rute, seperti Jakarta - Yogyakarta PP, Jakarta - Padang PP, dan Surabaya-Banjarmasin PP," tutur Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo di Kantor Pusat Citilink Jakarta, Jumat (4/7) malam.

Penambahan kursi itu dibuka mulai 20 Juli hingga 3 Agustus 2014, namun sejak 1 Juli 2014 lalu pihaknya telah mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang dengan menambah beberapa rute dan sebelum 20 Juli, Citilink akan melakukan penambahan di tiga rute.

"Citilink akan melakukan peningkatan tiga frekuensi penerbangan, pada 18 Juli nanti dengan rute Halim-Surabaya PP, Halim-Balikpapan PP, dan Halim-Solo PP untuk antisipasi lebaran tahun ini," terang dia.

Lebih lanjut, Arif menyebutkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memperkirakan bahwa jumlah penumpang angkutan udara pada musim angkutan lebaran tahun ini bakal naik hingga 11,7 persen dibanding hari biasa. Karenanya, sejumlah maskapai diminta bersiap untuk melakukan penambahan kursi.

"Sejumlah maskapai nasional dan internasional juga diperkirakan akan menyiapkan ekstra flight hingga 456 ribu kursi, sehingga secara keseluruhan kapasitas tempat duduk angkutan udara pada musim angkutan lebaran 2014 mencapai 5 juta kursi," tandas pria berkacamata itu.(chi/jpnn)


Sumber

Dahlan: Kalau hanya dikasih modal, Merpati cuma terbang sebulan

Jumat, 04 Juli 2014 | 4.7.14

Merdeka.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak punya opsi terbaru untuk menghidupkan kembali maskapai nasional, PT Merpati Nusantara Airlines. Dua opsi yang selalu disampaikan adalah restrukturisasi utang dan kuasi reorganisasi.

Menteri BUMN Dahlan Iskan cukup yakin, dengan dua langkah itu Merpati dapat kembali 'terbang'. Bahkan, dia menyebut Merpati tak perlu mendapatkan modal kerja.

"Tapi saya pengen dalam hasil panja disebutkan perlunya restrukturisasi utang kepada negara dan lainnya dikonversi menjadi saham dan dicatatkan perlunya kuasi reorganisasi, sehingga dengan dilakukan 2 hal itu Merpati bisa hidup permanen nanti kerja sama dengan investors, tapi kalau hanya disuruh terbang begitu saja terus dikasih modal katakanlah Rp 150 miliar terbangnya nanti cuma 1 bulan mungkin, bulan kedua mati lagi," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/7).

Dalam pandangannya, lebih penting merestrukturisasi utang dan melakukan kuasi dibanding hanya memberi modal. Sebab, masalah utama dihadapi Merpati adalah utang yang mencapai Rp 7,9 triliun.

"Sehingga 2 hal ini harus diselesaikan dulu, penyelesaiannya saya sudah punya konsep yang utang Rp 7,2 triliun jadi saham yang akumulasi utang Rp 7,2 triliun dilakukan kuasi reorganisasi itu neracanya diubah sedemikian rupa atas persetujuan kemenkeu dll, tanpa melakukan ini dan hanya kasih modal akan jatuh lagi," jelas dia.

Dengan dua langkah tersebut, lanjut Dahlan, keuangan Merpati bakal sehat dengan catatan surplus Rp 2 triliun. Ini bisa menjadi modal menggaet investor.

"Dengan itu Merpati bisa cari investor dan pinjaman bank, malah jangan diberi modal kerja malah jangan diberi uang sama sekali, tapi selesaikan 2 ini malah tidak perlu uang. Karena kalau tidak, hilang kayak tenggelam di laut aja," katanya.


Sumber

Garuda buka tiga penerbangan anyar dari Makassar

Merdeka.com - Garuda Indonesia (Persero), pada hari ini, Rabu (2/7) meresmikan tiga rute baru yang dilayani melalui hub Makassar, yaitu Makassar - Luwuk, Makassar - Bima, dan Makassar - Mamuju. Dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 kapasitas 70 penumpang.

"Ini upaya Garuda Indonesia untuk memperluas jaringan penerbangannya di rute domestik dan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat pada jaringan penerbangan di Indonesia bagian timur," kata Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer, dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Rabu (2/7).

Dia mengatakan pembukaan rute baru ini merupakan bagian dari kelanjutan program ekspansi jaringan yang dilaksanakan Garuda Indonesia dan mendukung perkembangan perekonomian nasional melalui peningkatan konektivitas antar daerah.

Sebelumnya, pada tanggal 1 Mei lalu, Garuda Indonesia juga telah membuka beberapa rute domestik baru yang melalui hub-bypass yaitu Medan-Surabaya, Palembang-Denpasar, Makassar-Jogjakarta, Surabaya-Ambon, Denpasar-Banyuwangi-Surabaya yang dilayani dengan pesawat Garuda Indonesia Explore Jet Bombardier CRJ-1000 NextGen berkapasitas 96 penumpang.

2014 ini, Garuda Indonesia rencananya akan mendatangkan sebanyak 27 pesawat baru terdiri dari 2 pesawat Boeing 777-300 ER, 4 pesawat Airbus A330, 12 pesawat Boeing 737-800 NG, 3 pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen, dan 6 pesawat turboprop ATR 72-600.

"Pembukaan rute ini untuk memenuhi permintaan penumpang pasar umroh di daerah yang semakin meningkat dan memudahkan penumpang di wilayah-wilayah ini untuk melaksanakan penerbangan langsung ke Jeddah, tanpa harus melakukan persinggahan di Jakarta," katanya.


Sumber

Wings Air buka rute penerbangan Surabaya - Solo - Bandung

Kamis, 03 Juli 2014 | 3.7.14

Merdeka.com - Lion Group melalui anak perusahaannya maskapai penerbangan Wings Air membuka jalur penerbangan baru Surabaya - Solo - Bandung, mulai Selasa pekan depan (15/7). Surat permohonan slot time dari Wings Air sudah diajukan pada pekan kemarin dan langsung mendapat persetujuan.

Tri Joko Wahyuono Operation Department Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, mengatakan rute Surabaya - Solo - Bandung, sebelumnya pernah digarap oleh maskapai Sky Aviation, namun hanya bertahan selama 6 bulan.

Keberangkatan Wings Air rute Surabaya - Solo - Bandung akan diberangkatkan dari Bandara Juanda Surabaya pukul 06.00 WIB. Kemudian dari Adi Soemarmo menuju Bandara Hussein Sastranegara Bandung pukul 07.00 WIB. "Dari Bandara Hussein Sastranegara Bandung, pesawat akan balik lagi ke Solo pukul 10.00. Dan diberangkatkan dari Solo ke Surabaya pukul 11.00," ujar Tri, saat dihubungi wartawan, Rabu (2/7).

Dengan masuknya Maskapai Wing Air ia berharap anak perusahaan Lion Air lain juga membuka rute baru dari Adi Soemarmo. Rencananya, Lion Air akan menambah frekuensi penerbangan dari 5 menjadi 6 kali pada November nanti. Slot time tambahan tersebut rencananya akan dioperasikan Batik Air.

Sementara itu, maskapai anak perusahaan Garuda Indonesia Citilink yang dijadwalkan terbang perdana pada Selasa (1/7) kemarin ditunda menjadi Jumat (18/7) mendatang. Tertundanya penerbangan Citilink lantaran pertimbangan load factor.

Dia mengatakan manajemen Citilink memutuskan untuk merubah jadwal terbang perdana Citilink. "Kalau awal puasa sampai 10 hari bisnis penerbangan sedang sepi penumpang. Dan akan kembali pulih pada pertengahan Ramadan," katanya.

Sumber

City Tour Yogyakarta

Rabu, 02 Juli 2014 | 2.7.14

CT 01
- Sri Gethuk
- Indrayanti
- Candi Boko

CT 02
- Nglanggeran
- Pindul
- Prambanan

CT 03
- Borobudur
- Keep Pass
- Lava Tour

CT 04
- Keraton
- Tamansari
- Parangtritis

CT 05
- Kasongan
- Goa Selarong
- Pantai Kwaru

CT 06
- Makam Imogiri
- Kebun Buah
- Pantai Depok

CT 07
- Batik
- Kota Gede
- Silver Handicrafts

CT 08
- Object On Request

Note :
- Used Car is Xenia / Avanza
- Not Applicable National Holiday And Weekend
- Only For Use in The Yogyakarta City

Tour Include
- Car
- Driver
- Fuel

Tour does not Include
- Parking
- Driver Meal
- Ticket

Price : Rp. 450.000 / Car

Terjadi pengurangan 14 rute penerbangan di Pekanbaru

Senin, 30 Juni 2014 | 30.6.14

Merdeka.com - Sejak awal tahun hingga akhir Mei 2014, terjadi pengurangan sedikitnya 14 penerbangan reguler baik domestik maupun internasional di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Garuda Indonesia menutup tiga rute penerbangan Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Batam dan Pekanbaru-Padang. Otomatis enam penerbangan Garuda hilang setiap hari.

Sriwijaya Air memilih menghentikan terbang dari dan ke Pekanbaru. Selama ini, setiap hari Sriwijaya Air melayani enam rute penerbangan Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Medan dan Pekanbaru-Batam.

Rute penerbangan maskapai Tigerair Mandala juga hilang seiring keputusan maskapai untuk berhenti terbang terhitung sejak 1 Juli 2014.

PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru mengakui, dalam lima bulan terakhir, frekuensi penerbangan yang semula rata-rata 80 menjadi sekitar 70 per hari.

"Jadi ada pengurangan antara 10 sampai 12 penerbangan satu hari karena disebabkan banyak faktor. Kalau saya melihat potensinya masih tinggi," ujar General Manager Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, Arif Darmawan, seperti dilansir Antara, Senin (30/6).

Dia tidak menampik, tutupnya beberapa rute penerbangan lantaran ketatnya persaingan bisnis antar maskapai. Tidak hanya itu, ada faktor lain semisal efisiensi yang dilakukan maskapai melihat padatnya rute Jakarta.

"Makanya terjadi persaingan yang sangat tinggi, sehingga ada maskapai seperti Sriwijaya fokus untuk mengembangkan Indonesia wilayah Timur," ucapnya.


Sumber

Jelang Lebaran, Tiket Garuda Masih Sesuai Tarif Batas Atas

Musim liburan sekolah dan libur Lebaran yang terjadi pada pertengahan tahun akan menjadi panen bagi maskapai penerbangan. Permintaan tiket pada musim ini akan melonjak cukup tajam, bahkan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menyediakan tambahan hingga 1,7 juta kursi.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan bahwa jumlah 1,7 juta kursi tambahan itu tidak hanya untuk penerbangan Garuda Indonesia saja, melainkan juga penerbangan yang dioperasikan oleh anak usahanya, Citilink Indonesia. “Selama libur panjang dan kegiatan Lebaran tahun ini, Garuda menyiapkan 1,7 juta tambahan kursi termasuk Citilink, itu untuk H-7 dan H+7 (Lebaran),” kata Pujobroto.

Pujobroto menerangkan, tambahan kursi itu akan berlaku pada rute-rute favorit, seperti dari Jakarta tujuan Yogyakarta, Surabaya, Padang, dan Semarang. Bahkan dia menjanjikan Garuda Indonesia akan kembali menambah kapasitas jika tambahan 1,7 juta kursi itu masih kurang. “Kalau ada penambahan permintaan cukup tinggi, kita siapkan tambahkan lagi,” paparnya.

Meskipun terjadi peningkatan permintaan yang sangat signifikan untuk liburan Hari Raya Lebaran, namun Pujobroto memastikan bahwa harga tiket Garuda Indonesia masih akan sesuai dengan tarif batas atas yang sudah ditentukan oleh pemerintah. “Kita tentu akan mengikuti batas tarif atas dari pemerintah,” ungkap Pujobroto.


Sumber

Lion Air Tunggu Tawaran Slot Tigerair Mandala dari Kemenhub

Maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia, Lion Air, mengaku sedang menunggu penawaran slot penerbangan yang ditinggalkan oleh Tigerair Mandala yang menghentikan operasinya mulai 1 Juli 2014.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan rute-rute yang ditinggalkan oleh Tigerair Mandala kepada maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Lion Air. Namun Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan bahwa maskapai penerbangan yang akan mengisi rute peninggalan Tigerair Mandala itu sepenuhnya menjadi wewenang Kementerian Perhubungan.

Filosofinya nanti Kementerian Perhubungan yang mengatur. Kami juga telah terbang pada rute-rute yang mereka (Tigerair Mandala) terbangi,” kata Edward. Dia mengatakan bahwa Lion Air akan mengkaji rute-rute peninggalan Tigerair Mandala jika nantinya memang ditawarkan kepada Lion Air oleh Kementerian Perhubungan.


Sumber

Kemenhub Tawarkan Empat Rute Tigerair Mandala kepada Maskapai Lain

Minggu, 29 Juni 2014 | 29.6.14

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menawarkan empat rute penerbangan yang akan ditinggalkan oleh Tigerair Mandala kepada maskapai penerbangan lain. Tigerair Mandala sendiri sudah menyatakan akan tutup operasi mulai 1 Juli 2014 karena tidak tahan menanggung beban kerugian yang terus-menerus sejak diluncurkan kembali pada bulan April 2012.

Empat rute penerbangan yang ditawarkan oleh Kementerian Perhubungan itu seluruhnya merupakan rute penerbangan domestik, antara lain Jakarta-Pekanbaru, Pekanbaru-Yogyakarta, Yogyakarta-Palembang, dan Jakarta-Denpasar. Dua maskapai penerbangan yang disebut-sebut tertarik melayani rute-rute ini adalah Garuda Indonesia dan Lion Air karena memiliki kesiapan dari segi armada.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan bahwa pihaknya memang belum secara resmi menawarkan rute-rute ini. Tapi hal itu sudah bisa dilakukan pada pekan depan. “Kami belum secara resmi menawarkan kepada maskapai. Baru minggu depan akan kami tawarkan,” katanya.

Djoko berharap agar nantinya ada maskapai penerbangan yang bersedia melayani keempat rute penerbangan yang ditinggalkan oleh Tigerair Mandala. “Yang ditinggal ada empat rute, itu nanti yang akan kami tawarkan. Maskapai belum ada yang mengajukan karena mereka juga menunggu kita tawarkan dulu,” ungkap Djoko.


Sumber