Latest Post

Pengusaha Tiket Khawatir Tigerair Mandala Tidak Kembalikan Uang

Sabtu, 28 Juni 2014 | 28.6.14

Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia mengaku khawatir maskapai penerbangan Tigerair Mandala yang akan tutup operasi pada 1 Juli nanti tidak mengembalikan uang tiket (refund) yang sudah dibayarkan oleh para penumpang.

“Pembeli tiket yang terlanjur beli tiket diperkirakan tidak akan mendapat refund,” kata Ketua Bidang Ticketing Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia, Pauline Suharno kepada Antara. Hal itu berkaca pada kasus sebelumnya seperti yang terjadi pada saat Adam Air dan Batavia Air tutu operasi. “Pada kejadian maskapai Batavia Air, saat itu para agen telah bolak-balik ke pengadilan untuk mengurus deposit yang berupa tiket pesawat yang sudah dibeli,” katanya.

Dia mengatakan bahwa Tigerair Mandala menghentikan operasinya karena kekurangan modal dan tidak ada lagi investor yang masuk. “Keputusan ini dibuat karena kondisi pasar turun. Selain itu disebabkan kian membengkaknya biaya operasional akibat nilai tukar rupiah yang terdepresiasi cukup signifikan,” ujar Pauline.

Pauline selanjutnya menyimpulkan bahwa Tigerair Mandala kemungkinan besar tidak akan mengembalikan uang deposit agen maupun uang tiket yang sudah dibayarkan oleh penumpang karena sisa uang yang dimiliki perusahaan akan habis digunakan untuk membayar para karyawan dan utang. “Tapi biasanya uang perusahaan sudah habis dan tidak cukup membayar pegawai mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, para agen penjual tiket sudah melakukan antisipasi dengan tidak melakukan deposit yang terlalu banyak untuk Tigerair Mandala sejak maskapai penerbangan ini menghentikan banyak rute penerbangan tiga hingga empat bulan yang lalu. “Kami langsung memberi warning ke agen agar mereka hati-hati. Jangan sampai kecolongan lagi seperti kejadian Adam Air dan Batavia Air. Ketika penutupan Adam Air, kami rugi Rp 40 miliar. Bahkan, nilai kerugian hampir sama saat Batavia Air tutup,” katanya.


Sumber

Lebaran, Garuda Siapkan 1,7 Juta Kursi ke Seluruh Rute

Sebanyak 1,7 juta kursi penerbangan ke seluruh rute disiapkan PT Garuda Indonesia Tbk guna mengantisipasi arus mudik selama Lebaran.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menuturkan, dibandingkan dengan kondisi serupa pada tahun lalu, jumlah kursi yang disiapkan pada Lebaran kali ini meningkat 11 persen.

“Kami menyiapkan mulai H-7 sampai H+7, kalau anak usaha kami, Citilink, justru sampai H-10 dan H+10,” jelasnya usai peluncuran Corporate Card SKK Migas di Nusa Dua, seperti dilansir Bisnis.com.

Adapun rincian yang disiapkan Garuda Indonesia, sebanyak 1,35 juta kursi penerbangan, sedangkan Citilink 350.000 kursi. Menurut Emirsyah, berdasarkan pengalaman setiap tahun, kota-kota yang rutenya padat adalah Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Selain itu, PT Garuda Indonesia (persero) Tbk. menjalin kerja sama dengan PT Avrist Assurance (Avrist) dengan memberikan keanggotaan dan penambahan poin GarudaMiles yang dimiliki untuk nasabah Avrist.

Peresmian kerja sama antara Avrist dengan Garuda tersebut dilakukan oleh Perry M. Diah selaku Business Development Director Avrist Assurance dan Amelia Nasution selaku Vice President Customer Relationship Management Garuda Indonesia di Jakarta, Rabu,(26/6).

GarudaMiles merupakan Program Frequent Flyer sebagai apresiasi dari Garuda Indonesia atas loyalitas pelanggannya. Teristimewa untuk nasabah baru Avrist, dengan minimum jumlah premi Rp 20 juta akan memperoleh keanggotaan kartu Silver GarudaMiles dan Miles.

Apabila nasabah tersebut telah memiliki kartu keanggotaan GarudaMiles, maka untuk setiap kelipatan premi Rp 5 juta, miles akan dikreditkan ke akun yang dimiliki.


Sumber

Garuda Indonesia Dipastikan Terbang ke London di Bulan September

Garuda Indonesia memastikan diri akan melayani penerbangan ke London Gatwick pada bulan September mendatang. Penerbangan ke London Gatwick ini bukanlah penerbangan nonstop, melainkan harus transit terlebih dahulu di Amsterdam dengan mengambil rute Jakarta-Amsterdam-London Gatwick.

Menariknya, Garuda Indonesia mendapatkan hak untuk mengangkut penumpang pada rute Amsterdam-London Gatwick dan sebaliknya. “September mulai yang ke London. Jadi nanti dari Jakarta, Amsterdam, lalu langsung ke London,” Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto.

Pujobroto menerangkan, penerbangan dari Jakarta ke London Gatwick melalui Amsterdam ini akan dioperasikan dengan pesawat Boeing 777-300ER. Pesawat jenis ini yang dimiliki Garuda Indonesia dilengkapi dengan konfigurasi kabin tiga kelas, terdiri dari delapan kursi first class, 38 kursi kelas bisnis, dan 268 kursi kelas ekonomi. “Boeing 777 itu untuk penerbangan jarak jauh. Seperti Jakarta-Amsterdam kan waktu tempuhnya 14 jam.

Selain London Gatwick, Pujobroto mengatakan bahwa pada tahun ini Garuda Indonesia akan membuka dua rute penerbangan internasional lainnya, yakni dengan tujuan Mumbai di India dan Manila di Filipina. Namun, Pujobroto tidak menjelaskan secara rinci kapan penerbangan tersebut akan dimulai.


Sumber

Garuda Indonesia Tertarik Ambil Rute Gemuk Tigerair Mandala

Jumat, 27 Juni 2014 | 27.6.14

Garuda Indonesia telah menyatakan ketertarikannya untuk mengambil rute-rute penerbangan yang ditinggalkan Tigerair Mandala karena tutup operasi mulai 1 Juli mendatang. Ketertarikan Garuda Indonesia ini sesuai dengan penawaran dari Kementerian Perhubungan yang menginginkan agar Garuda Indonesia dan Lion Air mengambil slot penerbangan yang ditinggalkan Tigerair Mandala.

Direktur Keuangan Garuda Indonesia Handrito Hardjono mengatakan, pihaknya sedang mempelajari rute-rute yang potensial digarap Garuda Indonesia. “Kami tertarik pastinya. Saat ini kami sedang mempelajari rute-rute mana saja yang bisa kami ambil. Tentu saja kami mau ambil yang gemuk, kan terkait untung juga. Coba kalau slot yang jam 12 malam, siapa yang mau naik kan? Saat ini kami masih tahap mempelajari rute,” ucapnya.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan menawarkan rute penerbangan yang ditinggalkan Tigerair Mandala kepada Garuda Indonesia dan Lion Air. Kedua maskapai penerbangan ini dipilih karena memiliki kesiapan armada yang cukup. “Kami imbau kepada Garuda dan Lion tolong diisi, disiapkan untuk mengisi slotnya yang mereka inginkan. Slotnya kan tidak semua mereka mau. Trayeknya ada yang tidak gemuk. Pasti berebut yang gemuk-gemuk semua. Itu pun kita supaya adil kita ajukan, kita lihat sendiri kita bikin supaya adil,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

Tigerair Mandala yang sahamnya dimiliki oleh Saratoga Capital sebesar 51,3 persen dan Tiger Airways Holdings Limited sebesar 35,8 persen telah menyatakan akan menghentikan operasinya karena tidak kuat menanggung kerugian yang terus-menerus sejak maskapai penerbangan itu diluncurkan kembali pada April 2012. Tigerair Mandala menyebut ada tiga faktor utama yang membuat mereka terpuruk, yakni rendahnya pertumbuhan industri penerbangan di tahun 2013, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang membuat beban biaya melonjak, dan persaingan antar maskapai penerbangan yang sangat ketat.


Sumber

Per September, Garuda Indonesia pastikan terbang ke London

Kamis, 26 Juni 2014 | 26.6.14

Merdeka.com - Maskapai penerbangan, PT Garuda Indonesia terus melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka rute internasional. Salah satu rute akan dibuka adalah penerbangan langsung Jakarta - London. Penerbangan ini akan dimulai pada September 2014 mendatang.

Corporate Communication Garuda Indonesia Pudjobroto mengatakan penerbangan ini akan dilayani dengan rute Jakarta-Amsterdam-London.

"September mulai yang ke London. Jadi nanti dari Jakarta, Amsterdam, lalu langsung ke London," kata Pudjo ketika ditemui di Gedung BNI, Jakarta, Rabu (25/6).

Penerbangan ke London akan dilayani dengan pesawat Boeing 777. Pesawat ini biasa digunakan untuk melayani penerbangan jarak jauh, termasuk misalnya dari Jakarta ke kawasan Eropa.

"(Boeing) 777 itu untuk penerbangan jarak jauh. Seperti Jakarta-Amsterdam kan (waktu tempuhnya) 14 jam. Untuk jarak jauh digunakan Boeing 777. Untuk jarak medium seperti ke Australia, Jepang, dan Shanghai pakai Airbus A330," tegasnya.

Selain ke London, Garuda juga akan merambah penerbangan ke kawasan Asia lain, seperti Mumbai, India dan Manila, Filipina. Namun, Pudjo tak menjelaskan secara terperinci kapan penerbangan ini akan dimulai.

Terkait penerbangan ke Jepang, pihak Garuda baru saja mengubah mekanisme rute penerbangan. Sebelumnya, penerbangan ke Jepang dilayani dari bandara Ngurah Rai, Denpasar menuju bandara Narita dan Haneda, Tokyo.

"Jepang itu kan selama ini kita terbang dari Denpasar ke Tokyo Narita dan Haneda. 2 minggu lalu kita terbang dari Jakarta ke Narita dan Haneda," tutupnya.


Sumber

Qatar Airways Cargo Terima Boeing 777 Freighter yang Keenam

Rabu, 25 Juni 2014 | 25.6.14

Qatar Airways Cargo, sebuah unit bisnis dari maskapai penerbangan Qatar Airways, menyatakan telah menerima pesawat Boeing 777 Freighter yang keenam. “Pengiriman Boeing 777 Freighter kami yang keenam merupakan momen yang membanggakan bagi Qatar Airways Cargo,” kata Chief Executive Officer Qatar Airways Akbar Al Baker.

“Ini waktu yang tepat untuk memperkenalkan tambahan Boeing 777 Freighter baru ke dalam armada kami. Negara Qatar berkembang dengan fenomenal sebagai bagian dari kawasan Teluk, dan kami mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan ini,” kata Al Baker.

Qatar Airways Cargo baru-baru ini telah meluncurkan rute penerbangan kargo ke Zaragoza, Hyderabad, London Stansted, Mexico, dan New Delhi. “Sebagai penyedia layanan kargo udara kelas dunia dengan pencapaian internasional, menjadi penting bahwa kami terus memperluas kapasitas dan jumlah destinasi kami,” kata Chief Officer Cargo Qatar Airways Ulrich Ogiermann.


Sumber

Kemenhub Tawarkan Rute Tigerair Mandala kepada Garuda dan Lion Air

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku regulator menawarkan rute-rute penerbangan yang dioperasikan oleh Tigerair Mandala untuk diisi maskapai penerbangan lain seperti Garuda Indonesia dan Lion Air setelah maskapai penerbangan yang dimiliki Saratoga Capital dan Tiger Airways Holdings Limited itu memutuskan untuk berhenti beroperasi mulai 1 Juli 2014.

“Kami mengimbau Garuda Indonesia dan Lion Air mengisi slot penerbangan yang ditinggalkan Mandala,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan, sembari menambahkan bahwa dia sadar dua maskapai penerbangan ini akan berebut rute-rute padat yang ditinggalkan Tigerair Mandala, tapi pihaknya akan adil dalam membagi rute.

“Semuanya mau. Slotnya kan tidak semua mereka mau. Trayeknya ada yang nggak gemuk. Pasti berebut yang gemuk-gemuk semua. Itu pun supaya adil kita ajukan dan kita lihat sendiri,” papar Mangindaan.

Selain itu, Mangindaan meminta kepada Tigerair Mandala untuk menyelesaikan kewajiban terhadap calon penumpang yang sudah membeli tiket untuk penerbangan mulai 1 Juli 2014 atau sesudahnya. “Masyarakat sudah beli tiket, kita imbau untuk ditangani,” tutupnya.


Sumber

Kemenhub Kaji Penerbangan Kargo Perintis

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji rencana pembukaan rute perintis untuk pengangkutan barang atau kargo.

Kasubdit Angkutan Niaga Tidak Berjadwal dan Non Niaga, Mudzdalifah menjelaskan pengkajian pembukaan rute perintis untuk kargo ini berdasarkan dari masukan pemerintah-pemerintah daerah terutama di wilayah Indonesia bagian timur.

"Pemda setempat minta ada subsidi untuk angkutan kargo, sampai sekarang masih dalam tahapan dengan pemerintah daerah tersebut terkait bagaimana nanti mekanismenya," ungkapnya di Surabaya, Selasa (24/6/2014).

Kementerian perhubungan sendiri mentargetkan keputusan mengenai pengadaan penerbangan perintis untuk kargo ini akan dapat selesai pada2015.

Mudzdalifah menambahkan mekanisme yang dimaksudkan adalah mengenai koordinasi dengan kondisi di bandara terkait permasalahan distribusi selanjutnya.

Jika tidak, Kemnhub mengkhawatirkan nanti subsidi justru akan salah sasaran karena lebih jatuh ke tangan tengkulak yang selalu siap di bandara jika tidak ada pendistribusian yang jelas.

"Untuk tahun 2014 ini, Kementerian Perhubungan telah memiliki anggaran Rp 350 miliar untuk subsidi perintis ini, namun itu semua untuk pengangkutan penumpang, belum ada untuk kargo," jelasnya.

Rencananya, dana tersebut akan digunakan untuk memfasilitasi penerbangan perintis di 170 wilayah terpencil di Indonesia yang sekali lagi paling banyak untuk wilayah Indonesia bagian timur.

"Sampai saat ini yang dari 170 itu sudah kita tenderkan, dan pemenang tender diantaranya Susi Air, Aviastar, Trigana, Martabuana dan Nusantara Buana Air Chartred," pungkasnya. (Yas/Nrm)


Sumber

70.000 Orang Terkena Imbas Penutupan Tigerair Mandala

Sekitar 70.000 orang yang telah memesan tiket terkena imbas penutupan operasional dari maskapai penerbangan Tigerair Mandala yang dilakukan mulai 1 Juli 2014. Maskapai penerbangan berbiaya rendah ini ditutup oleh pemegang sahamnya karena terus mengalami kerugian sejak diluncurkan kembali pada bulan April 2012.

Dari jumlah tersebut, sekitar 20.000 calon penumpang sudah mengambil opsi untuk mengalihkan penerbangannya ke penerbangan yang dioperasikan oleh Tigerair Singapore atau meminta pengembalian uang tiket (refund). Chief Corporate Service Officer Tigerair Vaxier Lim mengatakan bahwa waktu yang diperlukan untuk proses refund ini adalah tiga hingga empat minggu. Calon penumpang yang terkena dampak penutupan juga diharapkan segera menghubungi maskapai penerbangan hingga 31 Juli 2014.

Saham Tigerair Mandala dimiliki oleh Saratoga Capital sebesar 51,3 persen dan Tiger Airways Holdings Limited sebesar 35,8 persen, sedangkan sisanya dimiliki oleh pemegang saham lama seperti Cardig International dan para kreditor.


Sumber

Panjat Tebing di Pantai Siung

Selasa, 24 Juni 2014 | 24.6.14

Pantai Siung boleh dikatakan tidak sepopuler Parangtritis, Karangbolong, Indrayantai, atau kukup. Namun tahukah anda bahwa Pantai Siung memiliki daya tarik khas. Batu karangnya termasuk yang terindah dari sekian banyak pantai di pesisir selatan pulau Jawa.
 

Ciri khas Pantai Siung yang jarang dimiliki pantai lainnya adalah ombaknya yang fantastis. Jangan coba-coba anda berenang di Pantai Siung karena nyawa taruhannya. Apa sebab? Pantai Siung memiliki ombak yang relatif besar dan siap menerjang karang-karang di tepi pantai. Boleh dikatakan mirip dengan pantai Kukup, ombaknya bisa setinggi rumah.

Di pantai Klayar anda bisa menemukan air mancur ajaib karena asalnya dari dasar laut, aneh bukan? Di Pantai Siung, anda bisa menemui banyak pemanjat tebing mencari tantangan, ada juga pemburu sunset atau matahari terbenam, dan satu lagi pecinta hobi unik pecinta pesona ombak besar menghantam tebing batu karang.

Karena lokasinya agak terpencil, wajar saja jika Pantai Siung yang masih di wilayah Yogyakarta ini belum banyak dikenal masyarakat umum. Meski demikian, akses menuju pantai Siung sudah relaitf bagus dan nyaman dilewati. Dari Yogyakarta sampai ke Pantai Siung jalanan sudah beraspal halus.

Pantai Siung asli memberikan kesan mendalam bagi pecinta alam. Jalan menuju Pantai Siung cukup untuk sebuah mobil namun terasa sempit untuk rombongan bus besar. Medannya berkelok dan naik turun.

Panorama menuju Pantai Siung begitu menakjubkan. Sang Maha Pencipta menunjukkan kuasaNya melalui hutan dan pegunungan kapur raksasa. Terasering di perbukitan kapur tampak begitu indah. Terasering itu dibuat teratur rapi hingga di dasar jurang dan membentuk mangkuk raksasa. Persis seperti tambang terbuka di papua.

Ada apa dengan terasering itu? Terasering di sepanjang perjalanan menuju Pantai Siung itu berfungsi sebagai lading untuk bercocok tanam pohon produksi semacam mahoni atau juga ditanami palawija.

Akses menuju Pantai Siung

Pantai Siung sebenarnya bisa diakses dari berbagai arah. Akses yang paling mudah dan sering dilewati adalah dari Yogyakarta melewati Wonosari. Dari Wonosari perjalanan berlanjut ke Baron (ada pantai Baron yang sudah terkenal di Jateng-DIY) hingga Tepus. Di Tepus sudah ada papan penunjuk arah ke Pantai Siung. Di persimpangan menuju ke pantai Baron, Krakal, dan Kukup, ambil arah kiri untuk menuju pantai Siung. Sedangkan lurus akan menuju ke tiga pantai tadi.

Pantai Siung sendiri masuk ke dalam wilayah pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul. Bagi pengunjung dari arah timur, bisa saja tidak melewatai Yogyakarta karena perjalana bisa jadi bertambah jauh. Jalur alternatif dari arah Timur bisa ditempuh melalui Sukoharjo kecamatan Weru, menuju Semin Gunungkidul, hingga memasuki wilayah Wonosari.

Akomodasi di Pantai Siung

Pantai Siung sudah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Diantaranya are parker, toilet umum, musholla, warung dan berbagai pedagang asongan. Bagi pecinta pantai bersih, Pantai Siung bisa dijadikan wishlist selain pantai Indrayanti. Anda bisa menemui banyak titik pembuangan sampah. Hal ini menjadikan cirri tersendiri karena banyak pantai di pesisir selatan Yogyakarta kurang terjaga kebersihannya.

Ciri khas lain Pantai Siung adalah pantai berpasir putih dengan bibir pantai tergolong landai. Banyak hewan laut bisa anda jumpai di balik bebatuan di dasar pantai Siung ini. Namun hati-hati dan jangan terlena, pada bagian ujung dasar pantai yang landai justru bisa berhadapan langsung dengan ombak ganas. Dasar pantainya langsung curam ke bawah dan dalam. Sangat mirip dengan Parangtritis yang memiliki mitos bisa menghisap wisatawan yang sedang berenang di laut. Jadi, sebaiknya waspada saja ketika bermain di bibir pantai Siung ini.

Panjat Tebing di Pantai Siung

Bagi pemanjat tebing, Pantai Siung tentu tidak asing bagi mereka. Keberadaan pantai Siung termasuk pantai favorit untuk dikunjungi. Sang Pencipta Alam seolah sudah menunjukkan jalur pemanjatan di karang-karang terjal supaya manusia lebih ingat dan dekat denganNya.

Jalur panjat tebing terbenuk secara alami dari proses panjang pengikisan batu karang raksasa oleh air laut selama ratusan tahun. Karang-karang ini membentuk gugusan trek yang bisa dipanjat, tentunya dengan peralatan dan perlengkapan yang memadai.

Konon kabarnya, ada lebih dari dari 250 jalur pemanjatan di pantai Siung mulai dari jalur landai hingga yang ekstrim. Untuk mempermudah penyebutan, di pantai Siung ini sudah lazim disebut dengan Blok yang menunjukkan karakter jalur panjat tebing.

Jalur-jalur yang sudah memiliki nama, sudah dilengkapi dengan bolt hanger. Secara resmi, blok yang tercatatat dan terdokumentasi di pantai Siung ada sebelas buah yaitu blok A sampai blok K. Setiap blok memiliki ketinggian beragam mulai dari lima hingga 30 meter.

Setiap blok memiliki lebih dari dua jalur pemanjatan dan masing-masing jalur memiliki tingkat kesulitan beragam dari grade 5.7 hingga 5.11 sebagaimana diungkapkan oleh Muh. Nahdhi di bukunya terbitan tahun 2010.

Tidak punya hobi atau keahlian panjat tebing tidak menghalangi anda untuk bisa menikmati keindahan karunia Sang Maha Kuasa melalui sunset yang bisa dilihat dari pucuk bukit karang. Beberapa bukit karang bisa dijangkau dengan aman tanpa alat bantu khas pemanjan tebing.

Dari puncak bukit karang itu, pengunjung langsung dihadapkan dengan lautan luas dengan ombak menyalak-nyalak di bawah bukit karang. Di horizon, di sanalah anda bisa mentadaburi keindahan sunset. Bagi yang adrenalinnya pas-pasan, adalah sensasi tersendiri saat meniaki bukit karang yang langsung menantang ombak raksasa di pantai Siung.

Di atas bukit karang itu tepat sesaat sebelum matahari sempurna terbenam, sang surya mulai tertutup bukit-bukit karang dan cahaya kuning keemasan menyelinap di sela-sela karang. Setelah itu matahari akan muncul kembali dari sisi bawah karang dan mulai sempurna tenggelam dan gelap mulai menyelimuti alam.

Perlu anda ingat, keindahan pesona sunset di pantai Siung jangan sampai melenakan anda untuk segera turun bukit. Seperti lazim diketahui, semakin malam ombak laut akan semakin ganas dan pasang. Ombak-ombak pasang itu bisa manjangkau puncak bukit dimana anda menyaksikan sunset.

Menginap di pantai Siung mungkin menjadi pilihan beberapa wisawatan di pantai Siung. Namun, belum ada losmen atau hotel yang disewakan. Jika anda memutuskan bermalam sebelum melanjutkan bertualang, ada beberapa rumah warga yang disewakan dengan kondisi seadanya tanpa fasilitas selengkap di hotel.

Itulah pantai Siung yang menyajikan keindahan alam berupa panjat tebing ekstrim di bibir pantai dan pesona sunset di kala senja.


Sumber

Qantas akan Pangkas Penerbangan ke Selandia Baru

Maskapai penerbangan Australia, Qantas Airways, akan mengurangi jumlah penerbangannya dari Australia ke Selandia Baru mulai bulan Oktober mendatang. Setidaknya akan ada 15 penerbangan trans-Tasman yang dipangkas, meliputi layanan penerbangan dari Sydney, Melbourne, dan Brisbane menuju Auckland.

Sebagai gantinya, separuh dari penerbangan yang sekarang dioperasikan oleh Qantas itu akan dialihkan untuk anak usahanya, Jetstar Airways. Langkah ini dilakukan Qantas karena perusahaan masih akan terus melakukan upaya penghematan besar-besaran agar keluar dari jerat kerugian yang terus melanda maskapai penerbangan nasional Australia ini.

Mulai 26 Oktober, Qantas akan membatalkan satu penerbangan harian pada rute Melbourne-Auckland dan satu penerbangan harian rute Sydney-Auckland, sedangkan rute penerbangan Brisbane-Auckland akan dikurangi menjadi lima penerbangan dalam seminggu saat musim sepi.

Sementara itu, Jetstar akan mulai menapakkan langkahnya dengan melayani enam penerbangan seminggu antara Melbourne dan Auckland serta satu penerbangan seminggu antara Sydney dan Auckland. Namun, maskapai penerbangan berbiaya rendah ini juga akan menutup rute penerbangan yang menghubungkan antara Adelaide dan Auckland mulai 24 Agustus 2014.


Sumber

Cebu Pacific akan Luncurkan Penerbangan ke Sydney dan Kuwait

Maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di Filipina, Cebu Pacific, akan meluncurkan layanan penerbangan langsung dari Manila ke Sydney dan Kuwait mulai bulan September mendatang. Rute ini menjadi bidikan Cebu Pacific karena banyak warga negara Filipina yang tinggal di kedua destinasi itu serta membuka peluang yang lebih besar di sektor pariwisata Filipina.

Cebu Pacific akan menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang mengoperasikan rute penerbangan nonstop antara Filipina dan Kuwait. Di negara itu setidaknya terdapat 180.000 warga negara Filipina yang bekerja sebagai buruh migran. Penerbangan Manila-Kuwait sendiri akan dilayani tiga kali seminggu mulai 2 September 2014.

Sementara itu, penerbangan Manila-Sydney nonstop akan dioperasikan sebanyak empat kali seminggu mulai 9 September 2014, menjadikan Cebu Pacific sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah satu-satunya yang melayani rute ini. Cebu Pacific berharap rute ini dapat merangsang perjalanan antara kedua titik, dimana terdapat 300.000 warga negara Filipina yang tinggal di Australia.

Kedua rute baru ini akan dilayani dengan pesawat Airbus A330-300 yang berkapasitas 436 kursi dalam konfigurasi kabin satu kelas yang seluruhnya merupakan kelas ekonomi. Saat ini Cebu Pacific sudah melayani penerbangan jarak menengah, yakni antara Manila dan Dubai di Uni Emirate Arab.


Sumber

Gaji Pramugari

Pramugari adalah seorang navigasi penumpang didalam pesawat terbang untuk memandu anda dengan memberi informasi peraturan peraturan penting selama berada di dalam pesawat terbang agar selamat sampai tujuan. lalu gaji pramugari yang didapat Rp 2.000.000 s/d 3.000.000 jutaan untuk pramugari karyawan baru. Sedangkan untuk pramugari karyawan lama berkisar antara 5.000.000 s/d 6.000.000jutaan untuk sekali penerbangan. Selain gaji standar pokok tunjangan lain berupa uang asuransi, jaminan kesehatan, dan bonus untuk sekali penerbangan

Daftar Gaji Pramugari di Beberapa Pesawat Terbang :
- gaji pramugari untuk pesawat terbang garuda paling kecil 10.000.000 jutaan
- gaji pramugari untuk pesawat terbang lion air sekitar Rp 5.000.000 jutaan
- gaji pramugari untuk pesawat terbang sriwijaya sekitar Rp 6.000.000 jutaan
- gaji pramugari untuk pesawat terbang lion air tahun 2007 sekitar Rp 3.500.000 jutaan
- gaji pramugari untuk pesawat terbang lion air tahun 2010 Lion air masa kerja 3 tahun dari 5 tahun kontrak! sekarang gajinya 18jt, waktu awal 10juta
- gaji pramugari untuk pesawat terbang batavia sekitar Rp 5.000.000 s/d 7.000.000 jutaan untuk junior 10.000.000 jutaan untuk senior
- gaji pramugari untuk pesawat terbang batavia sekitar air asia total 15.000.000jutaan

Keuntungan yang didapatkan kerja pramugari? Jalan-jalan gratis keluar negeri dan ke kota dan tempat wisata yang dikunjungi, dapat menceritakan pengalaman budaya di seluruh dunia, mendapat fasilitas tidur di hotel berbintang, keuntungan memakai pesawat terbang tidak ada kemacetan di jalan, dan hemat waktu, pandangan masyarakat tentang pramugari dipandang rendah, Bagi sebagian masyarakat yang belum tahu, pramugari identik dengan pelayanan yang ramah dan sopan. Seorang pramugari tentu memiliki kualifikasi dan sangat professional. Sejak naik pesawat, kita sudah disambut dengan senyum manisnya. Lalu membantu kita mencari tempat duduk. Kemudian membantu kita merapikan barang-barang yang kita bawa ke dalam pesawat. Kemudian menerangkan hal-hal penting yang harus diperhatikan demi keselamatan penumpang. Tugas utamanya adalah sebagai awak kabin yang bertanggung jawab terhadap keselamatan penerbangan. Para pramugari yang tampil menarik bertugas membantu pilot untuk mengamankan penerbangan dengan memperhatikan aturan keselamatan penerbangan. Mereka harus memastikan penumpang tahu dan mengikuti sistem keselamatan penerbangan. Pesawat tidak akan terbang kalau cabin crew belum menutup pintu pesawat.

beberapa hal yang menyebabkan cabin crew tidak mau menutup pintu pesawat :
- Penumpang yang menggunakan ponsel di pesawat padahal itu dilarang.
- Penumpang tidak mau mematikan ponselnya maka pesawat tidak akan terbang sebelum penumpang tersebut mematikan ponselnya atau bahkan “diusir” keluar dari pesawat.

kemampuan pramugari memang bukan didasarkan karena muda dan menarik. dasar kemampuan yang memang harus bisa diimplementasikan di lapangan selama penerbangan, di atas ketinggian 32.000 kaki tersebut, maka pastinya seorang pramugari layak mendapatkan gaji tinggi yang dihitung atas jam terbang mereka dan ini sepadan dengan resiko tugas yang diemban pramugari. Banyak perempuan yang bercita-cita menjadi seorang pramugari karena penghasilan yang dimiliki seorang pramugari mampu melebihi orang bekerja yang telah mendapat gelar. Demikian Daftar Gaji Pramugari di Beberapa Bandara Pesawat Terbang semoga bermanfaat.


Sumber

Gandeng OnAir, Air India akan Pasang Internet di Pesawat

Maskapai penerbangan nasional India, Air India, dalam waktu dekat ini kemungkinan akan menyediakan layanan internet di pesawat, khusus untuk penerbangan internasional. Untuk memasang fasilitas ini, Air India telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah agen penyedia global yang bisa memberikan akses internet broadband berbasis satelit.

Sebuah sumber internal perusahaan mengatakan, Air India telah melakukan pembicaraan dengan OnAir, agen penyedia layanan internet on board terbesar yang bermarkas di Geneva, untuk mendiskusikan tentang pemasangan internet di pesawat berbasis WiFi.

“Ini hanyalah masalah waktu kami akan menyediakan akses internet broadband berbasis satelit pada penerbangan internasional kami. Kami telah melakukan diskusi dengan beberapa agensi dan telah bertemu secara resmi dengan OnAir. Kami akan mengambil keputusan itu dalam waktu beberapa bulan mendatang,” kata Executive Director Materials Management and Information Technology Air India Anil Sondhi.

Chief Executive Officer OnAir Ian Dawkins tidak membantah bahwa pihaknya telah bertemu dengan Air India. “Fungsi internet dasar seperti mengakses email, media sosial di Facebook atau Twitter, untuk diakses di kabin atau kokpit sudah memungkinkan dengan teknologi saat ini. Meskipun demikian, untuk akses streaming video di YouTube dengan lancar kemungkinan baru bisa dilakukan beberapa tahun lagi,” katanya.


Sumber

Bordeaux Jadi Destinasi Keenam Turkish Airlines di Perancis

Turkish Airlines, salah satu maskapai penerbangan dengan pertumbuhan paling cepat di dunia, telah membuka layanan penerbangan dari Istanbul ke Bordeaux di Perancis. Dengan demikian, Bordeaux telah menjadi destinasi keenam Turkish Airlines di Perancis setelah Paris, Lyon, Nice, Toulouse, dan Marceille.

Penerbangan ke Bordeaux itu dilayani oleh Turkish Airlines sebanyak empat kali seminggu setiap hari Senin, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Untuk menarik minat pelanggan, Turkish Airlines menawarkan harga promo untuk penerbangan dari Istanbul menuju kota terbesar kelima di Perancis itu mulai dari 99 euro, sudah termasuk pajak dan biaya lain-lain.


Sumber

China Southern Airlines akan Layani Penerbangan ke Mauritius

Salah satu maskapai penerbangan terbesar di China, China Southern Airlines, dikabarkan akan segera membuka layanan penerbangan ke Mauritius. Menurut Kantor Pariwisata Mauritian, penerbangan perdana ke Mauritius akan dimulai pada 28 Juni mendatang.

Sebuah pertemuan pernah dilakukan di Mauritius pada bulan Mei lalu dengan dihadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Rekreasi Mauritius Michael Sik Yuen, Kepala Administrasi Pariwisata Nasional China Wang Zhifa, perwakilan dari China Southern Airlines, dan sejumlah pemangku kepentingan dari industri pariwisata.

Dalam pertemuan itu, China Southern Airlines mengungkapkan minatnya untuk melayani penerbangan ke Mauritius pada akhir Juni setelah melihat adanya pertumbuhan wisatawan asal China yang melakukan perjalanan ke Mauritius. China Southern Airlines akan menjadi maskapai penerbangan internasional pertama yang melayani penerbangan antara Mauritius dan China. Air Mauritius sekarang telah memiliki delapan penerbangan per minggu ke China dan berencana menambah layanan penerbangan langsung lainnya ke Beijing pada bulan depan.


Sumber

10 Juli, Rute Harian Jakarta – Paris Bakal Dioperasikan Air France

Mulai 10 Juli mendatang, layanan penerbangan harian antara Jakarta dan Paris-Charles de Gaulle dengan pemberhentian di Singapura bakal dioperasikan Air France. Dalam penerbangan rute tersebut, calon penumpang dari Jakarta juga akan dapat menikmati layanan penerbangan Air France untuk melakukan perjalanan antara Jakarta dan Singapura.

“Untuk merayakan destinasi barunya, para calon penumpang dapat menikmati promosi khusus all-in fare dari Jakarta ke Singapura mulai dari US$100 dan dari Jakarta ke Paris/Eropa mulai dari US$999 untuk economy class,” ungkap pihak Air France dalam pers rilisnya.

Tarif promo premium economy class yang dikenakan dalam rute tersebut sebesar US$2.269 dan US$3.460 untuk business class. Tarif promosi ini berlaku untuk pemesanan hingga 30 Juni dengan pilihan waktu perjalanan mulai 10 Juli hingga 31 Desember 2014.

“Penerbangan akan dioperasikan dengan Boeing 777-300 yang dilengkapi dengan 303 kursi. Termasuk delapan kursi pada kabin eksklusif la première, 67 kursi di business class, 28 kursi di premium economy class dan 200 kursi di economy class. Air France akan menjadi satu-satunya maskapai yang menawarkan premium economy kabin pada rute ini,” ungkap Marketing Coordinator Air France-KLM Indonesia Cynthia Chandra.

Rute baru ini akan melengkapi jadwal penerbangan yang ditawarkan oleh KLM Royal Dutch Airlines di Indonesia yang melayani penerbangan harian dari Jakarta melalui Kuala Lumpur ke Amsterdam-Schiphol, dan dari Denpasar melalui Singapura ke Amsterdam- Schiphol dan sebaliknya.


Sumber

Wings Air Buka Penerbangan Bandung - Semarang

Senin, 23 Juni 2014 | 23.6.14

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Lion Group melalui anak perusahaannya yakni maskapai penerbangan Wings Air membuka jalur penerbangan baru Semarang-Bandung-Semarang.

Untuk melayani rute ini, Wings Air akan menggunakan pesawat ATR 72-500/600 yang mempunyai kapasitas tempat duduk sebanyak 72 kursi.

Jadwal keberangkatan Wings Air Semarang-Bandung berangkat dari Bandara Ahmad Yani pukul 16.05 dan tiba di Bandara Hussein Sastranegara pukul 17.15. Keberangkatan dari Bandara Husein Sastranegara pukul 17.40 dan tiba di bandara Ahmad Yani pukul 18.50.

"Dengan dibukanya jalur penerbangan ini, diharapkan dapat mempermudah dan menghemat waktu bagi masyarakat Bandung yang akan ke Semarang dan sebaliknya," kata Direktur Operasional Wings Air, Kapten Redi Irawan pada acara Launching Wings Air Bandung-Semarang di Bandara Husein Sastranegara, Jumat (20/6).

Wings Air mempunyai total 27 pesawat ATR 72-500 dan ATR 72-600 dan berencana membuka jalur penerbangan baru seperti di NTB dan NTT untuk jalur penerbangan Lombok-Bima dan Kupang-Larantuka. (tif)


Sumber

Pengamat: Ada Peran Aktif Kemenhub dalam Krisis Penerbangan Indonesia

Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo menilai, ada peran aktif dari Kementerian Perhubungan dalam menciptakan krisis dunia penerbangan Indonesia yang ditandai dengan maskapai Tigerair Mandala yang berhenti beroperasi 1 Juli 2014.

Dia menyebut, Kementerian Perhubungan memberikan kemudahan izin operasional bagi maskapai yang hanya memiliki dua unit pesawat, utamanya pada dekade 2000-an saat penerbangan Low Cost Carriers (LCC) mulai marak.

“Hal itu menyebabkan iklim dunia usaha penerbangan berjadwal menjadi tidak sehat karena sewaktu-waktu maskapai tersebut bisa saja berhenti melayani rute penerbangan yang telah diizinkan karena bisa terdampak kenaikan bahan bakar maupun depresiasi mata uang rupiah terhadap dolar,” kata Dudi seperti dilansir Bisnis.com.

Dia menyebut, semestinya ada ketentuan minimal maskapai harus punya lima pesawat saat mulai beroperasi jika mau sehat. “Bisa dua unit milik sendiri, tiga unit sewa atau sebaliknya dua sewa, tiga milik sendiri. Jadi tidak seenaknya seperti saat ini,” katanya.

Dudi menilai, utilitas pesawat bisa dimaksimalkan untuk mendorong pendapatan maskapai dengan adanya lima pesawat. Jadi, maskapai bisa bertahan jika ada kenaikan bahan bakar maupun depresiasi nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS.

“Selain merevisi aturan tentang jumlah minimal armada, lanjutnya, perlu juga dibuat suatu aturan yang mewajibkan maskapai penerbangan untuk menyimpan dana jaminan dengan besaran jumlah tertentu pada sebuah lembaga keuangan,” kata dia.

Dana jaminan itu katanya, bisa digunakan sewaktu-waktu untuk membayar pesangon karyawan jika maskapai tersebut memutuskan untuk berhenti beroperasi sehingga nasib karyawan tidak terombang-ambing seperti yang dialami maskapai Batavia Air.

Dia juga menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur fisik di bandara maupun sistem navigasi lalu lintas udara agar pesawat tidak berlama-lama mengantre saat masih di udara maupun di bandara karena bisa menyebabkan pemborosan bahan bakar. “Jika aturan mendasar yang bisa mendorong maskapai penerbangan di Indonesia lebih kuat tidak disiapkan, maka dalam era Open Sky 2015 maskapai dalam negeri sulit bersaing dengan maskapai dari luar,” tambahnya.


Sumber

Perkuat Jaringan, Etihad Buka Penerbangan ke Zurich

Maskapai penerbangan Etihad Airways telah meluncurkan layanan penerbangan nonstop antara Abu Dhabi dan Zurich di Swiss. Rute ini memperkuat posisi Zurich sebagai hub transportasi udara di Eropa, sekaligus memperluas jaringan rute penerbangan Etihad setelah sebelumnya perusahaan sudah melayani penerbangan ke Geneva.

“Swiss terus mengalami peningkatan menjadi pasar perjalanan yang penting bagi Etihad Airways dan menjadi mitra perdagangan besar bagi Uni Emirat Arab,” kata Chief Executive Officer Etihad Airways James Hogan.

Pada penerbangan ke Geneva dan Zurich, Etihad Airways mengoperasikan pesawat Airbus A330-300 yang berkapasitas 231 kursi, terbagi dalam tiga kelas kabin, meliputi delapan kursi first class, 32 kursi kelas bisnis, dan 191 kursi kelas ekonomi.


Sumber

Citilink Indonesia akan Tambah Frekuensi Penerbangan ke Jambi

Minggu, 22 Juni 2014 | 22.6.14

Untuk memenuhi permintaan penumpang yang meningkat, maskapai penerbangan berbiaya rendah Citilink Indonesia akan menambah frekuensi penerbangan antara Jakarta dan Jambi maupun sebaliknya. Saat ini rute tersebut dilayani satu kali dalam sehari, tapi mulai 1 Juli 2014 akan ditambah menjadi dua kali sehari.

District Sales Manager Citilink Indonesia Jambi Diaz Pebianto menuturkan, tambahan penerbangan ini merupakan upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat yang terus meningkat. “Selain itu juga untuk mempermudah perjalanan masyarakat Jambi,” katanya.

Anak perusahaan Garuda Indonesia itu sekarang beroperasi dengan mengandalkan 25 pesawat Airbus A320. Sepanjang tahun ini Citilink akan kedatangan delapan pesawat Airbus A320, satu di antaranya sudah masuk ke dalam armada perusahaan belum lama ini, sehingga maskapai penerbangan ini akan mengakhiri tahun 2014 dengan 32 pesawat.


Sumber

September, Harga Tiket KA Ekonomi Naik

JAKARTA - Anggaran Kementerian Perhubungan dalam APBN Perubahan 2014 mengalami pemangkasan setelah disetujui oleh Komisi V DPR. Hal ini secara otomatis berakibat pada pengurangan besaran untuk Public Service Obligation (PSO) angkutan kereta api kelas ekonomi bersubsidi.

Sebelumnya, berdasarkan Kontrak PSO Nomor PL.102/A.41/DJKA/3/14 dan Nomor HK.221/III/1/KA-2014 tanggal 3 Maret 2014, besaran PSO adalah Rp1,224 triliun. Kini setelah mengalami pengurangan sebesar Rp352 miliar maka besaran PSO untuk penumpang KA ekonomi menjadi Rp871 miliar.

Dalam keterangan tertulis, Minggu (22/6/2014), pengurangan anggaran tersebut berdampak pada tarif untuk KA Ekonomi Jarak Jauh dan Jarak Sedang kembali ke tarif normal nonsubsidi terhitung mulai keberangkatan KA bulan September 2014. Sedangkan untuk tarif KA Jarak Dekat atau Lokal dan KRD untuk sementara belum dikembalikan ke tarif normal nonsubsidi sampai dengan 31 Desember 2014.

Adapun penyesuaian tarif tersebut dilakukan untuk dapat menjaga kelanjutan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat pengguna jasa KA, sehingga masyarakat tetap dapat menggunakan jasa KA sebagai pilihan moda transportasi massal yang aman, nyaman, bebas macet, dan ramah lingkungan.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan dengan mengurangi antrean pembelian tiket di stasiun, mulai 1 September 2014 PT KAI menetapkan kebijakan tarif pemesanan atau pembelian tiket di stasiun dan di channel eksternal adalah sama. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu repot-repot untuk mendatangi stasiun jika ingin melakukan pemesanan atau pembelian tiket KA.

Sumber

Wings Air Resmi Terbangi Semarang - Bandung

Maskapai penerbangan Wings Air yang merupakan anak perusahaan Lion Group resmi menerbangi rute Semarang-Bandung pada Jumat (20/6) sebagai salah satu langkah agresif mereka dalam meningkatkan jumlah penumpang.

Ditemui di sela-sela pembukaan rute baru itu Direktur Operasional Wings Air Kapten Redi Irawan mengatakan, rute itu bakal diterbangi dengan pesawat ATR 72-500/600 itu dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 72 kursi dengan nomor penerbangan IW 1897.

”Sementara ini frekuensi penerbangan masih sekali dalam sehari. Namun optimistis ke depan kami akan meningkatkan kapasitas penumpang dengan menambah frekuensi penerbangan untuk jalur tersebut,” ungkapnya seperti dilansir suaramerdeka.com

Adapun jadwal keberangkatan dari Bandara Ahmad Yani pukul 16.05 WIB dan tiba di Bandung pukul 17.15 WIB. Adapun keberangkatan dari Bandara Husein Sastranegara pukul 17.40 WIB dan tiba lagi di Semarang pukul 18.50 WIB.

“Potensi pasar yang sangat bagus menjadi alasan Wings Air dalam membuka rute baru Semarang-Bandung PP tersebut. Jadi setelah ditinggalkan Merpati Air, rute itu kosong. Kekosongan rute inilah yang kami manfaatkan sekarang,” tuturnya.

Dengan 72 tempat duduk 100 persen terisi, dalam penerbangan perdana Wings Air Semarang-Bandung itu, maskapai, kata Redi, berencana akan meningkatkan frekuensi menjadi dua kali dalam sehari untuk ke depannya.

“Selain membuka rute Semarang-Bandung, Wings Air juga berencana membuka jalur-jalur penerbangan baru seperti jalur penerbangan dari Semarang ke Kalimantan, maupun rute di NTB dan NTT. Kalau dari Semarang, ke Pangkalan Bun kami rasa cukup potensial, sedangkan di luar Jawa dalam waktu dekat kami akan buka jalur Lombok-Bima dan Kupang-Larantuka,” imbuh Redi.


Sumber