Latest Post

Pemegang saham ganti pimpinan AirAsia Indonesia

Sabtu, 21 Juni 2014 | 21.6.14

Merdeka.com - Pemegang saham maskapai penerbangan AirAsia Indonesia sepakat menunjuk Sunu Widyatmoko menjadi Presiden Direktur menggantikan Dharmadi. Pergantian ini efektif mulai 1 Juli mendatang.

Dharmadi akan mengisi posisi baru sebagai Komisaris AirAsia Indonesia. Sedangkan Sunu, selain menjadi Presiden Direktur Ad Interim juga masih akan memegang posisi sebagai Chief Financial Officer hingga 1 Juli.

"Dengan lebih dari 16 tahun pengalaman di bidang finansial, kami percaya Sunu akan mampu membawa AirAsia Indonesia semakin berkembang. Keahliannya di bidang finansial dipadukan dengan passion terhadap AirAsia dan para karyawannya, menjadikan Sunu sebagai orang yang tepat untuk membawa perusahaan ini maju ke depan," ucap Komisaris Utama AirAsia Indonesia Pin Harris dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (21/6).

Sunu bergabung dengan AirAsia Indonesia sejak 2013. Dia pernah menjabat sebagai Director of Investment Banking PT Bahana Securities dengan tugas utama antara lain membantu proses sejumlah perusahaan besar melantai di Bursa Efek Indonesia, merger dan akuisisi, serta melakukan restrukturisasi perusahaan.

Pengalaman lainnya adalah bekerja di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan Ernst & Young Advisory Services.

Sunu memegang gelar master di bidang Business Administration dari University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, dan sarjana S1 dari Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.

Terkait penunjukan dirinya sebagai Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko mengatakan AirAsia telah melakukan revolusi di industri penerbangan di Asean dengan membawa model low-cost carrier yang memungkinkan setiap orang untuk bepergian dengan pesawat.

Group Chief Executive Officer of AirAsia Tony Fernandes percaya Sunu dapat memimpin dan mendorong AirAsia Indonesia meraih pangsa pasar.

Sedangkan Dharmadi akan membantu dewan direksi untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Dia juga akan melanjutkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan, termasuk Indonesia National Air Carrier Association (INACA), guna menjamin keberlangsungan maskapai dan memastikan setiap pemain di industri penerbangan nasional dapat menikmati keuntungan dengan cara yang adil.


Sumber

Garuda Luncurkan Tiga Rute Baru dari Makassar pada 2 Juli 2014

Garuda Indonesia terus mengembangkan bisnisnya dengan membuka rute-rute penerbangan baru. Mulai 2 Juli 2014, maskapai penerbangan nasional Indonesia ini akan membuka tiga rute penerbangan baru dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Sales and Marketing Garuda Indonesia Branch Office Makassar Tubagus Irfan Farhandi menuturkan, tiga rute penerbangan yang akan diluncurkan oleh Garuda Indonesia antara lain Makassar - Mamuju, Makassar - Luwuk, dan Makassar - Bima. Dia mengatakan bahwa penumpang yang ingin terbang pada rute tersebut bisa segera memesan tiket karena tersedia harga promo yang menarik.

“Bagi penumpang yang ingin mengetahui informasi secara lengkap ataupun melakukan pembelian tiket bisa langsung menghubungi kantor penjualan Garuda Indonesia atau agen perjalanan terdekat,” kata Tubagus Irfan Farhandi seperti dilansir Tribunnews.com, Kamis, 19 Juni 2014.


Sumber

Bos Saratoga Sedih Tigerair Mandala Berhenti Beroperasi

Maskapai penerbangan Tigerair Mandala telah memutuskan untuk menghentikan seluruh kegiatan operasionalnya mulai 1 Juli 2014. Atas keputusan ini, Presiden Direktur Saratoga Capital Sandiaga S. Uno, selaku pemilik 51,3 persen saham Tigerair Mandala menyatakan kesedihannya.

Sandiaga mengatakan, pihaknya terpaksa mengambil keputusan ini karena ini merupakan jalan terbaik untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi. “Saya sedih sekali tapi pada saatnya nanti saya akan berbicara mengenai pandangan saya tentang investasi. Dalam waktu dekat ini saya akan bicara, saat ini no comment dulu,” ujarnya.

Sejak diluncurkan kembali pada bulan April 2012, sebanyak 51,3 persen saham Tigerair Mandala dikuasai oleh Saratoga Capital dan sebanyak 35,8 persen dimiliki oleh Tiger Airways Holdings Limited, sedangkan sisanya dimiliki oleh pemegang saham lama dan sejumlah kreditor.

Dalam pengumumannya, Tigerair Mandala memutuskan untuk berhenti beroperasi karena beberapa faktor, di antaranya kondisi pasar yang menurun, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, dan persaingan yang semakin sengit antar maskapai penerbangan.

Sebelum memutuskan berhenti beroperasi, Tigerair Mandala didekati oleh sejumlah calon investor. Dua investor yang paling santer dikabarkan akan mengakuisisi Tigerair Mandala adalah maskapai penerbangan Indonesia AirAsia dan Citilink Indonesia. Namun, kedua maskapai penerbangan ini sepakat untuk membatalkan rencana investasinya di Tigerair Mandala, sehingga Tigerair Mandala gagal mendapatkan investor dan dengan terpaksa mengumumkan penghentian operasionalnya.


Sumber

Citilink Tambah Armada Pesawat Baru yang Lebih Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan nasional berbiaya murah (LCC) Citilink mendatangkan pesawat ke-25 guna melengkapi armada Airbus A320 yang sebelumnya telah melayani 152 frekuensi penerbangan setiap hari ke 24 kota.

“Dengan armada yang kini berjumlah 25 pesawat, kini Citilink semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu maskapai penerbangan domestik yang semakin dipercaya masyarakat, sekaligus untuk memperkuat posisi pasar domestik,” kata President & CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (20/6/2014).

Pesawat Airbus A320 yang didatangkan kali ini memiliki jenis sayap 'sharklet', material berteknologi tinggi yang biasa digunakan untuk pembuatan kapal dan kapal selam. Dirancang pabrikannya dengan material dan fungsi yang lebih ramah lingkungan, pesawat ini memiliki tingkat kebisingan yang sangat rendah (sampai 15 desibel dibawah stage 4 standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional – ICAO). Selain itu, kombinasi mesin baru dan sayap sharklet mampu menghemat bahan bakar hingga 15 persen dari konsumsi umumnya pesawat.

Pesawat dengan nomor PK-GLZ itu merupakan pesawat gelombang pertama dari delapan pesawat bersayap sharklet yang akan didatangkan Citilink langsung dari markas Airbus di Toulouse, Prancis secara bertahap hingga akhir tahun 2014. Hingga akhir 2014 Citilink akan memiliki 32 pesawat berjenis Airbus A320.

Penambahan jumlah armada Citilink ini juga sejalan dengan penambahan frekuensi dan rute-rute baru, termasuk target untuk merambah beberapa destinasi regional.


Sumber

GMF Dan PT KAI Sepakati Kerjasama Perawatan Motor Listrik

Jumat, 20 Juni 2014 | 20.6.14

Jakarta – PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bekerja sama dengan Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF) untuk perawatan mesin penggerak dan mesin pembangkit yang dioperasikan PT KAI Commuter Jabodetabek. GMF terpilih mengingat perusahaan MRO (maintenance, repair, and overhaul) tersebut memiliki reputasi internasional.

“Kami menyambut baik prospek kerja sama dengan GMF yang reputasinya dalam merawat pesawat terbang telah diakui berbagai maskapai penerbangan internasional,” kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo di Jakarta, Rabu, seperti diberitakan ANTARA.

Kerjasama perawatan dan perbaikan ini diharapkan akan memperpanjang usia pakai motor listrik milik PT KAI selain memberikan pealayan pengguna jasa yang akan semakin merasakan perbaikan layanan di KRL Jabodetabek.

Sementara itu, Direktur Utama GMF Richard Budihadianto memaparkan, kerja sama berdurasi satu tahun ini mencakup kerjasama perawatan dan perbaikan mesin listrik sebagai penggerak utama dan pendukung kinerja/operasional KRL di seluruh wilayah Jabodetabek. Menurut Richard Budihadianto, kerjasama itu merupakan langkah nyata mengembangkan bisnis non-aviasi GMF.

“Kami optimis dengan adanya kerja sama ini akan membuka peluang bagi GMF terutama bagi GMF Power Services sebagai unit bisnis GMF untuk meraih pasar domestik maupun internasional dalam bidang perawatan non-aviasi,” katanya.

GMF dipercayai untuk melakukan penggantian komponen motor listrik dengan komponen asli dari pabrik yang membuatnya serta pengujian motor yang sesuai standar international.

“Kepercayaan PT KCJ, perusahaan yang mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) di wilayah Jabodetabek untuk melakukan perawatan motor elektrik.


Sumber

Taman Buaya Tanjung Pasir

Kamis, 19 Juni 2014 | 19.6.14

Taman Buaya Tanjung Pasir merupakan salah satu tujuan wisata eksentrik dan favorit di provinsi Banten. Tepatnya di pesisir utara di wilayah kabupaten Tangerang. Taman buaya Tanjung Pasir yang terletak di dekat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini merupakan sebuah tempat penangkaran buaya berskala besar tepatnya berlokasi di Jl. Raya Tanjung Pasir, Tangerang.

Untuk memasuki tempat wisata Taman Buaya Tanjung Pasir yang unik ini, para pengunjung tak perlu membayar mahal. Cukup dengan membayar tiket masuk Rp. 8.000,- per orang untuk dewasa dan Rp 4.000,- untuk anak, pengunjung bisa menikmati wisata ekstrim ini sepuasnya.

Tak sulit menemukan lokasi Taman Buaya Tanjung Pasir Tangerang ini. Karena di tepi depan pintu masuk terdapat sebuah patung buaya berukuran besar yang terletak 20 meter dari tepi jalan. Jika anda akan berlibur ke Pantai Tanjung Pasir melewati jalan raya tanjung pasir, pasti akan melihat patung raksasa tersebut yang letaknya di sisin kanan jalan.

Area Taman Buaya Tanjung Pasir Tangerang ini sangat luas. Sehingga pengunjung tak perlu khawatir soal tempat parkir. Di area wisata ini terdapat kolam-kolam buaya yang dibedakan berdasarkan umur mereka.

Pengunjung bisa melihat dari semua sisi tepian kandang tanpa perlu khawatir terkena panas matahari, karena di sekeliling kandang dinaungi oleh atap peneduh. Lengkap dengan beberapa tempat duduk sederhana untuk sekadar melepas lelah sambil menikmati kelapa muda.

Koleksi buaya yang dimiliki oleh Taman Buaya Tajung Pasir sebanyak 500 ekor lebih, dari yang masih kecil sampai yang berumur 40 tahunan. Tidak banyak buaya yang mampu mencapai umur 70 tahun atau lebih.buaya tanjungpasir banten

Selain tontonan alami penangkaran buaya, tidak ada variasi acara lainnya misal atraksi pawang buaya. Taman Buaya Tanjung Pasir tampaknya belum berfikir menyediakan atraksi buaya bagi pengunjung. Di Taman Buaya Tajung Pasir ini konon ada koleksi salah satu buaya terbesar di Indonesia.


Sumber

Garuda Beri Pelanggan Telkomsel Diskon Tiket Sampai 20 Persen

Garuda Indonesia Palembang bersama Telkomsel Sumbagsel bekerja sama dalam menggelar program pemberian diskon hingga 20 persen untuk pembelian tiket pesawat dengan maskapai tersebut.

“Seluruh pelanggan Telkomsel bisa menikmati program diskon yang bertajuk special deal Ramadan 2014 itu. Pelanggan bisa mendapat diskon jika melakukan pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia mulai tanggal 2 Juni-30 Juni 2014,” kata General Manager Sales and Costumer Care Region Sumbagsel, M. Syawaluddin seperti dilansir Bisnis.com

Dia menyebut, tiket yang dibeli itu berlaku untuk penerbangan pada 28 Juni 19 Juli 2014 dan selama periode 4 Agustus-13 Agustus 2014. Selain itu, kantor cabang Garuda Indonesia Palembang menyediakan counter pembelian tiket yang berada di kantor layanan Telkomsel Jalan Veteran.

“Hal itu untuk memberikan kemudahan dan layanan bagi pelanggan Telkomsel dalam mendapat tiket, sekaligus untuk mempercepat mendapatkan tiket bagi pelanggan Telkomsel yang datang ke kantor layanan Telkomsel,” katanya.

Dia mengemukakan untuk mendapatkan diskon pembelian tiket tersebut, pelanggan cukup menunjukkan SMS broadcast yang diterima pelanggan. “Jika SMS itu sudah terhapus, pelanggan cukup menunjukkan kartu Telkomsel yang digunakan, beserta identitas pribadi pelanggan,” ujarnya.


Sumber

Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran menjadi salah satu magnet penarik dan menjadi daya pikat kota Surabaya bagi banyak orang di seluruh Indonesia banhkan dunia. Kota Surabaya yang terkenal sebagai salah satu pusat industri dan pusat perdagangan di Indonesia, ternyata juga memiliki salah satu kebanggaan lainnya di mana Surabaya juga di sebut sebagai kota Bahari, di mana kota ini memiliki kelebihan dalam perairannya. Julukan kota buaya yang memiliki wisata pantai yang menarik dan indah, di mana pantai Kenjeran memiliki pesona panorama dan sumber daya lama yang tak kalah jika di bandingkan dengan susunan pantai di Bali ataupun di Jogja.

Sekarang ini, pantai Kenjeran di juluki Taman Hiburan Pantai Kenjeran karena di pantai ini juga terdapat beragam hiburan menarik untuk keluarga dan anak-anak. Pantai ini di fasilitasi dengan berbagai permainan anak, seperti komedi putar, prosotan, tangga lingkar, permainan jungkat jangkit dan permainan jenis outbond lainnya yang bisa mendukung asyiknya liburan keluarga yang juga tentu membutuhkan permainan untuk membuat anak-anak tidak mudah merasa bosan. Fasilitas ini sengaja di berikan oleh pemerintah agar minat dan animo masyarakat untuk datang mengunjungi pantai sendiri menjadi semakin besar di bandingkan harus keluar daerah atau keluar negeri untuk melihat dan menikmati keindahan pantai lain. Kebersihan dan keindahan lingkungan pantai pun selalu di usahakan agar tetap menarik hati wisatawan, meskipun terkadang, wisatawan local masih sering dan susah untuk di ingatkan membuang sampah mpada tempatnya.

Pihak pemerintah juga mengelola Kenjeran Park. Lokasi ini banyak menawarkan beberapa sarana hiburan seperti penyewaan peralatan olahraga, wisata air, religi dan banyak jenis lainnnya termasuk wisata pendidikan alam untuk anak-anak. Masih ada lagi, tersedia pula fasilitas waterboom dan kolam renang yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Semua fasiltias ini di tujukan agar masyarakat semakin banyak yang datang dan mengunjungi serta menambah pendapatan daerah terutama di bidang pariwisata. Pantai Kenjeran memang merupakan panta wisatai andalan di Surabaya namun sayang kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan pantai masih sangat rendah, sehingga perlu usaha lebih dari pemerintah untuk pengelolaan pantai agar lebih sehat, layak dan menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bibir pantai Kenjeran memang di tata seperti arsitektur China, dimana terdapat kya-kya atau nama tepian pantai yang menjadi cirikhas pantai ini, sehingga para wisatawan dari kawasan Asia Timur banyak yang tertarik untuk mengunjungi pantai in, seperti dari China, Korea, Jepang dan Thailand tercatat cukup banyak mengunjungi pantai Kenjeran dikarenakan penasaran dengan bangunan arsitektur bibir pantai tersebut. Apabila anda mengunjungi kya-kya ini pada malam hari, keindahannya akan semakin terpancar, dengan cahaya temaram dan tambahan lampion-lampion cantik khas negara tirai bambu membuat anda dan pasangan akan merasakan suasana romantis.

Selain itu, pantai Kenjeran juga sangat terkenal dengan pilihan kuliner yang beragam dan bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Bisa anda menikmati keindahan pantai di malam hari sambil menikmati lezatnya makanan dari restoran-restoran seafood yang berjejer di sepanjang mata memandang. Bisa menikmati sate kerang, udang bakar atau apapun yang anda inginkan bersama dengan pasangan, sahabat dan keluarga. Pantai Kenjeran adalah salah satu aset berharga negara yang kita semua harus jaga agar tidak terabaikan dan tetap memberikan nilai lebih kepada negara, kepada perekonomian rakyat dan kepada nama baik Indonesia di mata dunia. Dengan demikian, Indonesia bisa menjadi negara yang selalu bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungannya salah satunya di pantai Kenjeran Surabaya.


Sumber

Kemenhub: Berhenti terbang, Mandala harus kembalikan tiket

Merdeka.com - Direktur Angkutan Udara Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengaku sudah mengetahui perihal ditutupnya maskapai Tigerair Mandala. Maskapai yang sahamnya akan berhenti terbang mulai 1 Juli 2014 mendatang.

Menurut Djoko, pengembalian tiket atau pengalihan tiket menjadi urusan pihak maskapai. Kementerian Perhubungan tidak ikut campur masalah ini. Namun Djoko tetap meminta agar Mandala segera menyelesaikan masalah ini.

"Dia (Mandala) akan menyelesaikan urusan penumpangnya. refund-refund, reschedule ke Tiger Air untuk internasional," ucap Djoko ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (18/6).

Rute Mandala akan di suspend dalam 30 hari ke depan. Setelah itu bisa diperpanjang untuk 30 hari lagi. Namunjika tak kunjung terbang, rute milik Mandala akan dibekukan.

Terkait investor yang berencana mengakuisisi Mandala, Djoko memastikan batal dilakukan. Indonesia AirAsia dan Citilink disebut-sebut sudah tidak tertarik untuk membeli Mandala.

"Investor batal. Mereka (Mandala) gagal dana engga ada. investor belum berhasil. Ditutup daripada duit nambah berantakan," tutupnya.


Sumber

Tigerair Mandala berhenti terbang gara-gara rugi

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal perhubungan udara membenarkan Tigerair Mandala bakal berhenti terbang 1 Juli 2014. Surat pernyataan untuk berhenti beroperasi secara resmi sudah diterima Kemenhub hari ini.

"Iya memang berhenti beroperasi. Kita tahu sejak dua hari lalu, diberitahu secara lisan. Kemarin mengirim surat kepada kami dan pagi tadi sudah resmi kita terima," ujar Direktur Angkutan Udara, Djoko Moerdjatmojo kepada merdeka.com, Rabu (18/6).

Djoko membeberkan alasan di balik berhentinya Tigerair Mandala. Alasan utamanya karena maskapai ini rugi. Maskapai ini juga memiliki utang. Sehingga uang yang ada saat ini akan dipergunakan untuk membayar utang avtur dan refund tiket. Sebenarnya, Mandala masih menunggu calon investor yang berkenan menyelamatkan maskapai ini.

Namun calon investor yakni Citilink dan AirAsia membatalkan mengakuisisi Tigerair Mandala.

"Ya kan rugi, daripada duitnya dipakai untuk operasional tapi rugi terus ya lebih baik dibuat bayar utang avtur maupun untuk refund," jelasnya.

Sesuai aturan yang berlaku, izin rute akan hangus dalam jangka waktu 2 x 30 hari dari berhentinya penerbangan. Izin akan hangus jika selama dua bulan Mandala tak kunjung kembali terbang.

Sedangkan, untuk SIUP akan dicabut dalam 1 tahun sejak berhenti beroperasi. "Sama lah aturannya kayak Merpati dan Sky Aviation," ucapnya.

Terlepas dari itu, Djoko berharap Mandala tidak bernasib sama seperti Merpati Airlines atau Sky Aviation. "Jangan lah sampai ada lagi yang berhenti. Nanti yang susah kita juga," katanya.

Menurut Djoko, saat ini Sky Aviation telah mendapat pemilik baru. Tapi dia belum dapat memastikan kapan Sky Aviation mulai terbang kembali.

"Saya dengar Sky Aviation sudah ada investor, tapi belum ada laporan secara resmi," jelasnya.


Sumber

Kemenhub samakan nasib Tigerair Mandala seperti Merpati

Merdeka.com - PT Tigerair Mandala secara resmi akan berhenti beroperasi mulai 1 Juli 2014 mendatang. Keputusan ini telah diambil dewan direksi karena Mandala mengalami kerugian akibat melesunya pasar dan pelemahan Rupiah.

Direktur Angkutan Udara Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo, mengaku baru mengetahui perihal penutupan ini dari keterangan tertulis pihak Mandala.

"Saya juga baru tahu ini lihat siaran pers," ucap Djoko ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (18/6).

Menurut Djoko, mengenai AOC (Air Operator Certificate) Mandala akan diberlakukan sama dengan Merpati. Mandala diberi waktu 3 bulan untuk memperbaiki kinerja sebelum kembali terbang. Jika tidak terbang dalam 3 bulan maka akan dilihat lagi apa diperpanjang atau sebaliknya.

"Seperti biasanya kita 3 bulan dulu, setelah itu dibekukan atau tidak nanti dilihat dulu kita tunggu, seperti layaknya Merpati-lah. Kalau dia hidup lagi kita kasih (izin terbang)," tutupnya singkat.


Sumber

Tigerair Mandala berhenti terbang 1 Juli 2014

Merdeka.com - Dewan Direksi PT Mandala Airlines, pemilik brand Tigerair Mandala, mengumumkan bahwa Tigerair Mandala akan menghentikan kegiatan operasional terhitung tanggal 1 Juli 2014.

Dewan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain penurunan kondisi pasar Mandala, serta meningkatnya biaya operasional akibat tajamnya depresiasi Rupiah.

"Kami telah berusaha mencari berbagai solusi untuk tetap beroperasi, termasuk berdiskusi dengan calon mitra strategis dan penanam modal," kata Ketua Dewan Komisaris Mandala Airlines, Jusman Syafii Djamal, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (18/6).

Sejak beroperasi kembali di bulan April 2012, Mandala terus mengalami kerugian. Dewan meninjau posisi Mandala dan memutuskan bahwa Mandala tidak memiliki sumber daya memadai untuk melanjutkan kegiatan operasionalnya.

Maskapai telah secara resmi menyampaikan informasi terkait penghentian operasional terhitung tanggal 1 Juli 2014 ini kepada Direktorat Jenderal Perhubungan.

Setelah pengumuman ini, penerbangan terakhir yang akan dioperasikan oleh Mandala adalah RI545 pada tanggal 1 Juli 2014, di mana dijadwalkan berangkat dari Hongkong menuju Denpasar pada pukul 02.35. Selain penerbangan di atas, seluruh penerbangan Mandala pada tanggal 1 Juli 2014 dan seterusnya dibatalkan.

Tigerair Group akan membantu semua penumpang korban dampak penghentian kegiatan operasi ini baik melalui pengalihan penerbangan ke penerbangan Tigerair (TR) jika ada kursi tersedia atau melalui pengembalian dana tiket untuk periode perjalanan pada atau setelah 1 Juli 2014.

Untuk informasi lebih lanjut, penumpang yang membutuhkan klarifikasi serta bantuan bisa mengunjungi situs Tigerair, atau menghubungi call center Mandala di (+6221) 2939-6688 atau call center Tigerair terhitung dari tanggal 18 Juni 2014 hingga 31 Juli 2014.

Pada saat bersamaan, Dewan sedang membahas dengan para pemegang saham untuk menyelesaikan kewajiban utama Mandala kepada para karyawan dan krediturnya.


Sumber

5 Fakta penghentian penerbangan Tigerair Mandala 1 Juli 2014

Dewan Direksi PT Mandala Airlines, pemilik brand Tigerair Mandala, mengumumkan bahwa Tigerair Mandala akan menghentikan kegiatan operasional terhitung tanggal 1 Juli 2014.

"Kami telah berusaha mencari berbagai solusi untuk tetap beroperasi, termasuk berdiskusi dengan calon mitra strategis dan penanam modal," kata Ketua Dewan Komisaris Mandala Airlines, Jusman Syafii Djamal, dalam keterangan tertulis, Jakarta.

Penghentian sementara ini bukan kali ini saja terjadi di dunia penerbangan Tanah Air. Sebelumnya juga ada Merpati Nusantara Airlines, Sky Aviation, Batavia Air, dan masih banyak lagi.

Tigerair Mandala mengaku telah secara resmi menyampaikan informasi terkait penghentian operasional terhitung tanggal 1 Juli 2014 ini kepada Direktorat Jenderal Perhubungan.

Setelah pengumuman ini, penerbangan terakhir yang akan dioperasikan oleh Mandala adalah RI545 pada tanggal 1 Juli 2014, di mana dijadwalkan berangkat dari Hongkong menuju Denpasar pada pukul 02.35. Selain penerbangan di atas, seluruh penerbangan Mandala pada tanggal 1 Juli 2014 dan seterusnya dibatalkan.

Lalu apa saja fakta dari pemberhentian operasi maskapai milik pengusaha Sandiaga Uno ini? Berikut merdeka.com mencoba merangkumnya.


Sumber

5 Trik Hemat Agar Liburan Impian Tak Hanya Menjadi Angan-Angan

Senin, 16 Juni 2014 | 16.6.14

Liburan menjadi bagian penting agar dapat merelaksasikan tubuh dan menyegarkan pikiran kembali. Bagi para traveller pasti banyak tempat impian yang ingin sekali bisa dikunjungi. Tetapi keterbatasan dana kadang menjadi penghambat untuk dapat menikmati liburan di tempat-tempat favorit.

Eits jangan berkecil hati dulu. Kamu pun dapat berlibur kemana saja yang kamu suka asal dapat mengelola keuangan dengan baik. Mau tahu cara mendapatkan dana ekstra sehingga destinasi idaman tak hanya jadi angan-angan semata? Yuk coba beberapa trik hemat dibawah ini:

1. Membawa Bekal Makan Siang

Biasakan membawa bekal makan siang dari rumah. Selain dapat menghemat pengeluaran, kebiasaan baik ini dapat membuat pola makan-mu lebih teratur. Dengan mengurangi frekuensi makan di luar, kamu pun dapat lebih mudah menyisihkan uang yang seharusnya dipakai untuk membeli makanan. Jika mulai bosan menikmati makan siang di dalam kantor, tak ada salahnya ikut bersantap siang dengan rekan kerja di resto atau warung makan sambil membawa bekal makan siang. Di warung atau resto makan tersebut kamu dapat membeli kopi atau teh saja. Dengan demikian kamu dapat lebih mudah menabung.

2. Kurangi Budget Untuk Membeli Rokok atau Kopi

Jika dipikir-pikir rokok dan kopi dapat menjadi beban pengeluaran yang cukup besar apabila harus dibeli setiap hari. Menurutmu berapa uang yang dapat disimpan bila lebih hemat dalam membeli keduanya? Mulailah kurangi merokok dan minum kopi. Selain lebih sehat, kamu pun dapat lebih hemat. Kamu juga tak harus membeli kopi dari toko kopi ternama bukan? Jadi bawa saja kopi sachet yang bisa dibuat sendiri di kantor.

3. Jauhi Penggunaan Kartu Kredit

Siapa bilang kartu kredit dapat menjadi solusi masalah keuangan. Bila tidak berhati-hati dalam penggunaannya, kartu kredit justru akan menjadi momok yang menakutkan, apalagi jika dipegang orang-orang yang gemar berbelanja. Banyaknya potongan harga menarik yang ditawarkan tentu akan sangat menggoda untuk menggesek si kartu. Dan jreng!! Di akhir bulan kamu pun dituntut untuk membayar tagihan belanja tersebut. Bukannya menghemat pengeluaran, malah akan memperbanyak pos-pos pengeluaran. Lalu kapan bisa menabung? Jadi usahakanlah hanya menggunakan kartu kredit dalam keadaan mendesak.

4. Prioritaskan Kebutuhan dan Bukan Keinginan

Kebutuhan dan keinginan adalah sesuatu yang terkadang sulit dibedakan. Kebanyakan orang terkecoh dengan mendahulukan keinginan daripada memenuhi kebutuhan sehingga menjadi boros. Terkhusus untuk para wanita, saat melihat baju-baju indah terpampang di gerai-gerai pakaian dengan tulisan “sale”, pasti akan sangat tergiur untuk membelinya. Padahal masih banyak baju-baju bagus lain miliknya yang jarang atau belum pernah dipakai sama sekali. Mulailah belajar untuk memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu jika ingin punya dana lebih untuk berlibur ke tempat impian.

5. Pesan Paket Liburan Hemat


Biaya yang murah pasti akan membuat liburan terasa lebih menyenangkan. Setuju? Jadi tak ada salahnya memesan tiket atau mencari paket liburan yang menarik jauh-jauh hari. Promo liburan dengan harga murah kini sudah bisa banyak ditemukan. Sering-seringlah membuka website-website travel agent atau penerbangan untuk mendapatkan harga terjangkau.

Jadi, kini tak perlu lagi menunggu undian berhadiah untuk dapat merasakan liburan impian. Hihi.. Rencanakanlah perjalanamu dengan mulai membiasakan diri dan bersungguh-sungguh dalam menghemat pengeluaran.


Sumber

Citilink Telah Terima Kedatangan Pesawat Airbus A320 Ke-25

Maskapai penerbangan berbiaya rendah yang juga merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, telah menerima kedatangan pesawat Airbus A320 yang ke-25. Tambahan armada ini tentu saja akan membantu ekspansi bisnis Citilink di Indonesia.

Pesawat yang tiba pada Sabtu, 14 Juni 2014, dini hari pukul 00.05 di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta itu semakin memperkuat posisi Citilink sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah yang dipercaya masyarakat. Dengan armada yang kini berjumlah 25 pesawat, Citilink semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu maskapai penerbangan domestik yang dipercaya masyarakat,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Arif Wibowo.

Selain itu, Arif mengungkapkan bahwa penambahan armada dengan pesawat yang sudah dilengkapi Sharklet ini sejalan dengan strategi bisnis Citilink di segmen penerbangan murah yang efisien serta dapat menunjang pertumbuhan perusahaan. “Penambahan jumlah armada Citilink akan terus sejalan dengan penambahan frekuensi dan rute-rute baru, termasuk menambah destinasi regional,” katanya.

Pesawat Airbus A320 yang ke -25 bagi Citilink ini memiliki registrasi PK-GLZ yang dikirim langsung dari pabrik perakitan pesawat Airbus di Toulouse, Perancis. Ini merupakan pesawat Airbus A320 pertama dari total delapan pesawat yang akan diterima oleh Citilink pada tahun ini.


Sumber

Ekonom: Menyusahkan negara, maskapai Merpati wajib mati

Merdeka.com - Pengamat ekonomi dan juga dosen FE Universitas Indonesia, Faisal Basri angkat bicara soal kondisi dan solusi yang dinilai realistis untuk menjawab persoalan yang dihadapi maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines .

Menurut Faisal, satu satunya cara menyelamatkan Merpati adalah mematikannya. Dia menjelaskan, jika pemerintah memaksakan diri mempertahankan Merpati, hanya akan menyusahkan negara. Sudah terlalu banyak uang pemerintah yang disuntikkan untuk maskapai pelat merah tersebut.

"Merpati wajib mati. Ongkos mematikan Merpati paling murah daripada bailout (disuntik dana)," ucap Faisal ketika ditemui di Jakarta, Senin (16/6).

Dia menilai, besarnya utang yang membelit tubuh Merpati membuat kondisi maskapai sangat memprihatinkan. Nilai utang Merpati jauh lebih besar daripada jumlah aset yang dimiliki. Merpati juga disebut-sebut telah kehilangan pijakan bisnis.

"Kehilangan landasan pijak untuk eksis. Dulu dia perintis. Sekarang Susi Air bisa kasih harga separuh harga Merpati. Tidak disuruh swasta sudah masuk dengan harga murah," singkatnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung ngotot tak mau menutup PT Merpati Nusantara Airlines . Biaya membangkrutkan maskapai penerbangan ke wilayah terpencil ini jauh lebih besar dibanding memutihkan utang yang kini bengkak hingga Rp 7,3 triliun.

"Ongkos mempailitkan Merpati lebih besar dari menyelamatkannya," kata Menko di Jakarta, Selasa (12/6).

Keputusan ini ditegaskan pemerintah selepas pria akrab disapa CT itu bertemu Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan . Maskapai pelat merah itu jadi salah satu duri dalam daging negara.

Apalagi utang terbesar Merpati paling banyak pada pemerintah dan sesama BUMN, terutama PT Pertamina yang tak pernah dibayar selama memasok avtur tiga tahun terakhir.

Sikap pemerintah akan berubah, seandainya ada rekomendasi berbeda dari Panitia Kerja Penyelamatan Merpati di DPR . Opsi penyelamatan maskapai ini juga masih sama, yakni upaya mengkonversi utang-utang menjadi saham. Termasuk juga penggabungan dengan maskapai swasta dengan mekanisme kerja sama operasi (KSO).


Sumber


Tips Menabung untuk Travelling

Minggu, 15 Juni 2014 | 15.6.14

Travelling memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun jangan khawatir meski begitu, kita masih bisa melakukan perjalanan kemanapun yang kita mau. Tentu dengan beberapa cara dan strategi khusus yakni antara lain dengan menabung. Yups, butuh strategi memang agar kita disiplin menabung untuk travelling, berikut beberapa caranya:
Buat target

Mulailah dengan menentukan destinasi liburan, serta anggaran yang kira-kira dibutuhkan untuk liburan. Kemudian buatlah target kapan Anda akan pergi berlibur. Dari situ Anda akan tahu berapa uang yang harus disisihkan tiap bulannya agar Anda bisa mencapai target.
Buat rekening khusus dana travelling

Buatlah rekening khusus untuk dana travelling. Sehingga nantinya Anda tidak kebingungan karena dana khusus ini tidak tercampur dengan dana lainnya. Jika memungkinkan Anda bisa mendepositkan tabungan Anda agar tidak tergoda untuk mengambilnya.
Ikut arisan

Ini juga menjadi salah satu cara seru yang bisa dilakukan. Pertama bentuklah komunitas arisan liburan bersama teman-teman Anda. Konsepnya sama seperti konsep arisan pada umumnya, hanya saja hadiah dari pemenang arisan adalah dana liburan. Dengan begitu Anda akan lebih semangat dan mempunyai kewajiban untuk menyetor dana arisan karena terikat peraturan.
Menabung di celengan

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah menabung dengan celengan. Pilih celengan yang tidak bisa dibuka tutup. Mulailah dengan menabung sisa dari uang yang Anda miliki secara rutin dan disiplin.

Itu dia beberapa tips menabung untuk travelling. Semoga bermanfaat ya Sob.


Sumber

Sriwijaya Air Kembali Operasikan Rute Batam - Medan

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air telah mengoperasikan kembali rute penerbangan antara Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Kuala Namu Medan yang sebelumnya sempat ditutup. Rute ini telah kembali beroperasi sejak 1 Juni 2014.

“Iya, Sriwijaya sudah kembali melayani penerbangan Batam-Medan. Rute tersebut sebelumnya sudah diterbangi, namun sejak beberapa bulan lalu sempat ditinggalkan,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Sabtu, seperti dilansir kantor berita Antara.

Pada rute Batam-Medan, Sriwijaya Air mengoperasikan pesawat Boeing 737-300/400/500 secara bbergantian “Tentu saja Sriwijaya melihat potensi penerbangan jalur tersebut menjanjikan. Sehingga kembali membuka penerbangan yang sempat ditutup,” kata dia.

Saat ini rute Batam-Medan dilayani oleh sejumlah maskapai penerbangan, seperti Garuda Indonesia sebanyak satu kali sehari, Citilink dua kali sehari, Lion Air empat kali sehari, dan Sriwijaya Air satu kali sehari.

Selain melayani penerbangan ke Medan, dari Batam Sriwijaya Air juga melayani penerbangan ke Bandara Sultan Thaha Jambi dan Bandara Soekarno-Hatta Jakarta masing-masing satu penerbangan sehari.


Sumber

Tiga maskapai 'sakit' menanti uluran tangan investor

Merdeka.com - Kencangnya laju pertumbuhan sektor penerbangan menyisakan persoalan. Tiga maskapai penerbangan dalam kondisi sakit. Dua diantaranya sudah berhenti terbang. Ketiga maskapai sakit itu antara lain Sky Aviation, Merpati Nusantara Airlines serta Tiger Air Mandala.

Direktur Angkutan Udara Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjadmodjo menuturkan, tiga maskapai itu bermasalah dalam keuangan dan menunggu pertolongan investor.

"Sky Aviation berhenti operasi nunggu investor, sudah diberikan peringatan dari kelaikan. Kalau sekian bulan tidak terbang akan dibekukan izin, tapi sekarang belum. Merpati berhenti nunggu suntikan dana atau calon investor. Mandala sedang tunggu investor. Satu tahun enggak diurus. Mandala akhir bulan ini keputusan investornya," ucap Djoko ketika berbincang dengan wartawan di Kantornya, Jakarta, Jumat (13/6).

Djoko memberi peringatan khusus untuk Merpati. Jika AOC Merpati tidak diurus hingga Februari tahun depan, maka izinnya akan dicabut.

"Satu tahun tak terbang izin usaha mati dengan sendiri sampai Februari tahun depan. Kalau dia sudah dapat investor, suntikan dana hidupkan lagi AOC nya," katanya.

"Direktur operasi (Merpati) harus mengerti pesawat yang diterbangkan, direktur maintenance harus mengerti pesawat itu. Setelah itu AOC dikeluarkan, baru mengajukan rute terbang lagi. Yang penting personel dan duit itu yang megang saham. Kalau persyaratan lengkap kita bantu dan hidupkan," tutupnya.


Sumber

Garuda Indonesia Akan Kembangkan Sejumlah Rute dari Semarang

Untuk meningkatkan okupansi penumpang dari Semarang, Garuda Indonesia berencana mengembangkan sejumlah rute seperti Bandung, Pangkalan Bun, dan Banjarmasin. Senior Manajer Corporate Sales, Bussines, and Marketing Development Region III PT Garuda Indonesia (Persero) Hendrawan menyampaikan, Semarang merupakan rute potensial.

“Dalam waktu dekat ini kami akan mengembangkan sejumlah rute di antaranya, Bandung, Pangkalan Bun, dan Banjarmasin. Rute ini sangat potensi dan dapat dikaji untuk mengoperasionalkan pesawat baru Garuda melalui cabang Semarang,” katanya seperti dilansir Suara Merdeka.

Dia menyebut, Garuda Indonesia kedatangan 27 armada baru belum lama ini dan rencananya pesawat-pesawat tersebut akan dikembangkan dan untuk menambah rute. Terkait kondisi tersebut Garuda akan melakukan evaluasi sampai akhir tahun 2014 selanjutnya akan dikaji rute mana yang layak dibuka.

“Sementara itu untuk meningkatkan jumlah okupansi, maskapai penerbangan milik pemerintah itu akan menggandeng mitra kerja agar lebih bisa mempromosikan destinasi yang ada di Jawa Tengah,” kata dia.

Di sisi lain, General Manager Garuda Indonesia Semarang, Flora Izza mengatakan, sekarang ini pihaknya sedang mengajukan rute baru yaitu Semarang-Bandung. “Paling tidak di triwulan III tahun ini harapan tersebut bisa terealisasi karena sejauh ini okupansi kami sangat baik yakni di kisaran 80%,” ungkapnya.

Sementara itu untuk meningkatkan jumlah okupansi, maskapai penerbangan milik pemerintah itu akan menggandeng mitra kerja agar lebih bisa mempromosikan destinasi yang ada di Jawa Tengah. “Jawa Tengah salah satunya Semarang ini memiliki potensi yang luar biasa, tidak hanya untuk MICE tetapi juga wisatanya,” jelas Manajer Penjualan Garuda Indonesia Cabang Semarang Herri Darmawan.


Sumber