Home » » Naik 4 juta penumpang, 90 persen tiket mudik pesawat habis

Naik 4 juta penumpang, 90 persen tiket mudik pesawat habis

Jumat, 18 Juli 2014 | 18.7.14

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik angkutan udara Lebaran tahun ini naik 11,48 persen atau 4.103.972 penumpang. Peningkatan jumlah pemudik ini baik untuk penerbangan dalam dan luar negeri.

Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Djoko Murdjatmodjo, mengakui tren jumlah pemudik pengguna pesawat terus mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia di mana mampu mencapai 6 persen.

"Jadi trennya memang kelompok jumlah penumpang yang mampu membeli tiket terus naik dan juga kelompok masyarakat yang tidak mampu tapi menabung juga naik sehingga kelompok ini juga mampu membeli tiket meski mahal," ujarnya saat acara 'Presbackground Angkutan Lebaran Angkutan Udara' di Hotel Milenium, Jakarta, Rabu (16/7).

Menurut Djoko, pertumbuhan masyarakat kelas menengah terus meningkat di masa mendatang. Kepercayaan masyarakat kelas menengah pada moda transportasi ini juga terlihat dari angka penjualan tiket pesawat periode Lebaran tahun ini sudah habis terjual hingga 90 persen.

"Yang jelas penumpang kita banyak, ada 90 persen tiket sudah terjual, itu dari penerbangan reguler belum ekstra flightnya," ungkapnya.

Berdasarkan catatan Kemenhub, jumlah pemudik dalam negeri angkutan udara periode Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 3.498.260 penumpang atau naik 11,87 persen dari 3.127.003 penumpang. Sedangkan, jumlah pemudik luar negeri naik 9,26 persen menjadi 605.712 penumpang dari 554.361 penumpang.

Adapun rute dalam negeri yang diperkirakan mengalami peningkatan penumpang meliputi Jakarta - Surabaya, Jakarta - Medan dan Jakarta Denpasar serta Surabaya - Makassar, Surabaya - Denpasar dan Surabaya - Banjarmasin.

Peningkatan rute luar negeri meliputi Jakarta - Singapura, Jakarta - Kuala Lumpur, Jakarta - Hongkong, Denpasar - Singapura, Medan - Kuala Lumpur dan Surabaya - Singapura.
(mdk/bim)


Sumber

Share this article :

Post Comment