Home » » Citilink Akan Terbang 16 Kali Sehari dari Bandara Halim Perdanakusuma

Citilink Akan Terbang 16 Kali Sehari dari Bandara Halim Perdanakusuma

Kamis, 09 Januari 2014 | 9.1.14


Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, akan mulai digunakan sebagai bandara untuk penerbangan komersial berjadwal dengan pesawat lebih dari 100 kursi mulai 10 Januari 2014, besok. Citilink menjadi maskapai penerbangan pertama yang akan beroperasi di bandara tersebut.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, Citilink mendapatkan jatah untuk melayani 16 penerbangan sehari yang terbagi dalam empat rute penerbangan, yakni Halim-Palembang, Halim-Yogyakarta, Halim-Malang, dan Halim-Semarang. “Kami ucapkan terima kasih kepada maskapai dan juga TNI Angkatan Udara atas dukungannya untuk pemindahan bandara ini,” ujar Mangindaan.

Selain Citilink, maskapai penerbangan lain yang akan beroperasi di Halim adalah Garuda Indonesia dan Indonesia AirAsia. Masing-masing maskapai itu akan beroperasi secara bertahap pada Februari dan Maret 2014. Sementara itu, maskapai penerbangan lain seperti Lion Air juga sedang mempertimbangkan untuk beroperasi di bandara ini.

Secara total, Bandara Halim Perdanakusuma bisa menampung 126 penerbangan dalam sehari atau sekitar 10-11 persen dari kapasitas Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Namun, jika dioperasikan hingga pukul 21.00 WIB, bandara ini hanya mampu menampung 29 penerbangan saja. Mangindaan berharap kapasitas ini bisa bertambah sehingga bisa benar-benar membantu kemacetan di Bandara Soekarno-Hatta. “Saya harap ini bisa membuat Bandara Soekarno-Hatta semakin longgar dan delay bisa berkurang,” ucapnya.


Sumber
Share this article :

Post Comment