Home » » Per 12 Januari, 82 Penerbangan dari Soekarno-Hatta Dialihkan ke Halim Perdanakusuma

Per 12 Januari, 82 Penerbangan dari Soekarno-Hatta Dialihkan ke Halim Perdanakusuma

Senin, 06 Januari 2014 | 6.1.14


Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan mengatakan, per 12 Januari 2014 sebanyak 82 penerbangan akan mulai dialihkan dari Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, ke Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Menurut Menhub, ditargetkan 12 Januari mendatang sudah dapat dimulai dan kesiapan bandara tersebut untuk melayani penerbangan berjadwal segera ditinjau pihaknya. “Insyaallah, tanggal 5 sudah selesai semua persiapan-persiapan, kami akan cek,” katanya seperti dilansir Bisnis.com.

Menurutnya, pengalihan penerbangan merupakan solusi sementara untuk mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta. Selama ini Bandara Halim digunakan oleh penerbangan pesawat caarter tidak berjadwal dan sejumlah penerbangan untuk kepentingan militer.

Sebelumnya, dDrektur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti mengatakan kesiapan Halim telah mecapai 80 persen. “Ada rencana kami akan mengecek seluruh stakeholder, bandara, dan pihak airline,” katanya.

Menurutnya, waktu dimulainya pelimpahan beberapa penerbangan domestik ini masih bisa berubah, menyesuaikan kesiapan pelayanan untuk penumpang maupun keselamatan penerbangan. Untuk maskapai, lanjutnya, tidak harus semuanya mulai pengalihan penerbangan pada hari yang sama, namun sesuai dengan kesiapan operasional masing-masing.

“Adapun untuk mengantisipasi tingkat kemacetan transportasi menuju dan dari Halim yang diprediksi meningkat, kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,”.

Selain itu, penggunaan Halim untuk penerbangan berjadwal ini juga berisiko terjadinya delay atau penundaan karena adanya penerbangan VIP/VVIP. “Kemungkinan-kemungkinan terjadi delay itu ada. Jadi itu harus disadari oleh masyarakat maupun para airline,” katanya.


Sumber
Share this article :

Post Comment