Home » » Garuda Indonesia Buka Sejumlah Rute Baru ke Papua

Garuda Indonesia Buka Sejumlah Rute Baru ke Papua

Jumat, 22 November 2013 | 22.11.13

Sejumlah rute baru menuju sejumlah kota di Papua resmi dibuka PT Garuda Indonesia, Kamis (21/11). Rute penerbangan yang akan dilayani ialah Makassar - Sorong, Sorong - Manokwari, Manokwari - Jayapura. Selanjutnya dari Jayapura - Manokwari, Manokwari - Sorong, dan Sorong - Makassar.
Rute penerbangan tersebut akan dilayani Garuda Indonesia satu kali setiap hari dengan pesawat Bombardier CRJ 1000 NextGen yang berkapasitas 96 penumpang, terdiri atas 12 penumpang di kelas Executive dan 84 penumpang di kelas Economy.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer mengatakan bahwa rute-rute penerbangan baru ini merupakan bagian dari ekspansi jaringan penerbangan Garuda Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.
“Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan arus wisatawan dan pebisnis menuju Sorong dan Manokwari sehingga perekonomian dapat tumbuh dengan cepat di tiga kota yang dihubungkan tersebut”, ungkap Erik.

Selain memperkuat jaringan penerbangan domestik khususnya di wilayah Timur, pengoperasian rute baru tersebut juga sejalan dengan upaya Garuda Indonesia untuk mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
Penerbangan Makassar – Sorong – Manokwari – Jayapura dilayani dengan pesawat GA 698 yang berangkat dari Makassar pukul 03.00 LT dan tiba di Sorong pada pukul 06.15 LT, kemudian penerbangan dilanjutkan dari Sorong pukul 06.55 LT dan tiba di Manokwari  pukul 07.45 LT. Penerbangan kembali berangkat dari Manokwari pukul 08.25 LT dengan tujuan akhir tiba di Jayapura pukul 09.40 LT.

Sementara penerbangan dari Jayapura – Manokwari – Sorong – Makassar dilayani dengan GA 699 yang berangkat dari Jayapura pukul 10.20 LT dan tiba di Manokwari pada pukul 11.35 LT. Penerbangan dilanjutkan dari Manokwari pukul 12.15 LT dan tiba di Sorong pukul 13.05 LT.  Penerbangan kembali berangkat dari Sorong pukul 13.50 LT dengan tujuan akhir tiba di Makassar pukul 14.55 LT.

Di sisi lain, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Manado Piktor Sitohang, pembukaan rute ke Papua sejalan dengan misi perseroan yakni sebagai jembatan udara.  Tak hanya itu, pembukaan rute tersebut merupakan upaya dari perseroan sebagai BUMN untuk memperlancar arus penumpang dan barang ke seluruh pelosok negeri.
“Sekaligus membuka keterisolasian suatu daerah dengan maksud meningkatkan perekonomian dan memperlancar arus masuk-keluar penumpang dan barang di Papua,” ujarnya, seperti dilansir Bisnis.com.

Share this article :

Post Comment