Home » » Merpati Stop Operasi, Penumpang di Bandara Juanda Menumpuk

Merpati Stop Operasi, Penumpang di Bandara Juanda Menumpuk

Kamis, 30 Januari 2014 | 30.1.14


Merpati Nusantara Airlines telah menghentikan operasinya di Bandara Juanda, Surabaya, sejak kemarin, Selasa (28/1/2014). Pada hari ini, Rabu (29/1/2014), maskapai penerbangan milik pemerintah itu juga tidak beroperasi sehingga penumpang yang sudah membeli tiket menumpuk di Bandara Juanda.

Para penumpang yang telah membeli tiket Merpati ini resah lantaran sudah tidak ada lagi aktivitas Merpati di Bandara Juanda, baik itu di loket maupun tempat-tempat lainnya. Calon penumpang yang gagal berangkat ini hanya bisa pasrah menunggu di depan loket berharap pihak Merpati mengembalikan uang tiket yang telah mereka bayarkan.

Selain di bandara, Kantor Cabang Merpati yang berada di Jalan Raya Darmo, Surabaya, juga sudah kosong. Tidak ada lagi karyawan yang berada di kantor kecuali dua orang sekuriti yang berjaga. Hal itu diungkapkan oleh Franciscus yang mencoba datang ke sana untuk bertanya mengenai nasib penerbangannya.

Menurut keterangan Airport Duty Manager Bandara Juanda Herdiono, dari total 10 penerbangan yang dioperasikan oleh Merpati dari Surabaya, hanya satu penerbangan yang diberangkatkan pada pagi hari tadi, yakni penerbangan dari Surabaya tujuan Denpasar. Pesawat-pesawat Merpati yang tidak digunakan akibat stop operasi ini juga sudah diparkir di hanggar milik Merpati Maintenance Facility (MMF) yang berlokasi di ujung barat Bandara Juanda.

Merpati berhenti beroperasi diyakini karena tidak mendapatkan pasokan bahan bakar dari Pertamina. Pertamina sengaja menghentikan pasokan bahan bakar karena utang Merpati sudah terlampau banyak. Pertamina bersedia mengisi bahan bakar asalkan dibayar secara tunai. Namun, keuangan Merpati sepertinya tidak memungkinkan untuk membayar secara tunai. Bahkan gaji karyawan Merpati juga sudah tidak dibayarkan selama beberapa bulan.


Sumber
Share this article :

Post Comment