Home » » Garuda Indonesia dan Lion Air Dinilai Paling Siap Hadapi ASEAN Open Sky

Garuda Indonesia dan Lion Air Dinilai Paling Siap Hadapi ASEAN Open Sky

Sabtu, 21 Desember 2013 | 21.12.13


Samudra Sukardi, Consultant Partner dari CSE Aviation menilai, kendati hanya tersisa setahun guna menuju keterbukaan udara regional Asia Tenggara (ASEAN Open Sky), sejumlah persoalan masih membelit industri penerbangan nasional, mulai dari kesiapan infrastruktur dan keunggulan maskapai dalam negeri.

Menurutnya, CSE Aviation merilis per Desember 2013, hanya terdapat dua raksasa pangsa pasar industri penerbangan nasional, yakni Lion Air dan Garuda Indonesia. Lion Air menempati peringkat teratas dengan pangsa sebesar 42 persen. Sementara itu, Garuda Indonesia yang merupakan maskapai pelat merah hanya mengamankan ceruk pasar 22 persen.

“Adapun sisanya diambil Sriwijaya Air 10 persen, Wings Air 6 persen, dan Air Asia 4 persen. Sementara itu, 54 maskapai kecil lainnya harus membagi kue industri penerbangan yang hanya 14 persen,” katanya seperti dilansir Bisnis.com.

Menurut Samudra, Lion Air dan Garuda digadang-gadang sebagai pilar untuk menghadapi era keterbukaan wilayah udara negara-negara Asia Tenggara di 2015 nanti. Dua maskapai teratas di pangsa pasar penerbangan nasional itupun diharap mampu berbicara banyak di level regional, terlebih keduanya terus memasang kuda-kuda dengan mendatangkan armada baru.

“Untuk menghadapi era liberalisasi udara itu tak cukup dengan menyerahkannya pada keadaan yang ada sekarang. Terlebih lagi terdapat kekhawatiran bahwa maskapai dalam negeri belum mampu mengimbangi desakkan pasar maskapai asing,” katanya.

Menurutnya, maskapai dalam negeri harus memunculkan sebuah barrier to entry, sehingga maskapai dari luar tidak dengan mudah memasuki persaingan penerbangan nasional.

“Maskapai dalam negeri dengan bantuan regulasi dan strategi yang diciptakan pemerintah setidaknya akan mampu mengerek level persaingan. Seperti di Amerika, karena persaingannya ketat, dari luar sulit masuk,” ujarnya.


Sumber
Share this article :

Post Comment