Penumpang maskapai Tiger Air Mandala marah-marah di terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta. Penyebabnya, pesawat mereka jurusan Jakarta – Medan tak kunjung diterbangkan. Kekesalan penumpang bertambah karena delay itu berkepanjangan tanpa ada pemberitahuan.
Salah seorang penumpang, Jeffry mengatakan ia sudah menunggu hampir tiga jam. “Saya bookingnya penerbangan pukul 14.30 WIB pas chek-in, dibilang jadwalnya dimundurkan jadi pukul 16.20 WIB. Kita tunggu-tunggu sampai setengah enam sore, tapi tak berangkat juga. Pemberitahuannya gak ada, orang dikonternya juga gak ada yang bisa ditanya”.
Jeffry tak sendirian, penumpang lain juga mengomel dan mendatangi petugas di counter informasi. “Saya sudah lebih dari 3 jam menunggu di sini, acara saya pun terpaksa ditunda jadinya,” kata salah satu penumpang wanita dengan nada suara meninggi.
Penumpang yang sudah terlanjur kesal pun meminta pertanggungjawaban dari pihak Mandala. Sayangnya, tak kunjung ada perwakilan dari maskapai penerbangan bertarif rendah tersebut.
Salah seorang petugas dari bagian checkin counter mencoba menenangkan penumpang. Menurutnya, penundaan tersebut karena padatnya arus lalu lintas di bandara sehingga banyak pesawat yang antri mendarat maupun antri terbang. “Saya kurang tau delaynya kenapa. Pesawatnya sih sudah ada, tapi saya tidak bisa memastikan bisa terbang jam berapa,” ujar petugas.
Petugas itu menambahkan, sebenarnya masalah delay bukan hal baru di bandara soekarno hatta. “Karena padatnya trafficnya, setiap hari pasti delay. Sama saja, semua maskapai, Mandala, Air Asia juga, dan Batik Air juga, makanya Batik Air mau dipindah ke Halim,” kata dia.
Penundaan terbang pesawat Mandala sempat berkepanjangan. Setelah komplain di ruang tunggu, petugas meminta penumpang naik ke pesawat pada pukul 18.00 WIB. Akhirnya pesawat diterbangkan pada pukul 19.30 WIB.
Pilot pun dua kali meminta maaf dan mengumumkan penundaan. “Kabar dari manara pengawas, karena padatnya arus keluar masuk pesawat ke bandara soekarno hatta, kita mendapat giliran terbang di nomor urut 5, yakni sekitar 10-15 menit lagi. Kami minta maaf atas hal ini,” kata pilot disambut sorakan “huuuu” para penumpang.
Mereka pun meminta diberikan kompensasi karena menunggu lama.
(detik)
Sumber